Geser, Gerakan Seribu Kopdit Bahtera di Ende

Ende, Ekorantt.com – Koperasi Kredit (Kopdit) Bahtera mencanangkan Gerakan Seribu (Geser) kepada masyarakat, khususnya kepada anggotanya untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini.

Manajer Kopdit Bahtera, Teodorus Valentinus Yankitar Jawa atau biasa disapa Yan, kala ditemui Ekora NTT di Kantor Kopdit Bahtera pada Senin (22/8/2022) mengatakan, Gerakan Seribu lahir dari sebuah kesadaran untuk berkoperasi.

Teodorus Valentinus Yankitar Jawa saat ditemui Ekora NTT/Foto: EK-Ekora NTT

Yan menjelaskan, pihak Kopdit Bahtera mengajak masyarakat, khususnya orang tua dan anak-anak supaya membangun budaya menabung lewat wadah atau celengan yang dinamakan Geser (Gerakan Seribu) sebagai proses pembelajaran.

“Kami coba menawarkan sebuah gerakan yang sederhana, seribu-seribu. Kami kunjungi anggota dan melalui anak-anak juga kami sosialisasikan untuk menyisipkan sedikit dari uang jajan,” katanya.

Yan menilai, setiap hari anak-anak selalu mendapatkan uang jajan, tetapi sejauh pengamatan, anak-anak bisanya ‘menabung’ di luar atau menghabiskan uang dengan belanja di kios atau membeli jajan lewat pedagang asongan.

iklan

Yan mengakui, sebagai orang tua, realitas itu sangat dipahami lantaran anak-anak usia mereka membutuhkan asupan dan perhatian dengan cara mereka yang tidak boleh dilarang.

“Tapi dengan Geser, maksud dan tujuannya agar memberi manfaat untuk masa depan mereka. Melalui seribu, mereka juga bisa membantu orang tua untuk mulai menabung, belajar menghargai uang, dan mempersiapkan diri di masa depan ketika sudah masuk ke jenjang pendidikan tinggi,” katanya sembari menambahkan, ada anggota yang menabung lebih dari seribu.

Jika ini dilakukan dengan baik, lanjut Yan, persiapan biaya pendidikan anak pada waktunya sudah siap dipanen dengan sukacita. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada karya orang tua.

Sosialisasi Geser (Gerakan Seribu) kepada anak-anak yang tergabung dalam RBS Ende yang juga mendukung penuh Geser Kopdit Bahtera/Ekora NTT

“Walau kecil untuk jajan tetapi dilatih terus maka lama-lama menjadi bukit,” tambah Yan.

Yan menambahkan, setelah melewati pandemi Covid-19 yang kini belum 100 persen pulih, Kopdit Bahtera menyodorkan spirit ini (Geser) untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi dengan cara positif dan sudah pasti bermanfaat.

Kopdit yang berdiri pada 24 Februari 1983 ini sampai tahun 2022 telah mengantongi jumlah aset 49 miliar lebih dengan total anggota 6.674 per Desember 2021.

Orang tua saat mendampingi anak untuk menabung lewat wadah Geser/Ekora NTT

Kini, kopdit yang terletak di pinggir Jalan Trans Flores, tepatnya di Jalan W.Z Yohanes kota Ende terlihat megah dengan gedung yang spesial.

Diketahui, sebelumnya gedung kantor baru Kopdit Bahtera diberkati oleh Mgr Vincentius Sensi Potokota pada Sabtu, 8 Januari 2022 lalu dalam upacara peresmian kantor baru tersebut.

TERKINI
BACA JUGA