Bank NTT Launching Kanal Pembayaran Pajak Online di Manggarai

Ruteng, Ekorantt.com – PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) meluncurkan kanal pembayaran pajak daerah secara online di Kabupaten Manggarai pada Senin (29/8/ 2022).

Pembayaran melalui online tersebut demi kelancaran dalam membayar pajak di seluruh wilayah NTT.

Acara itu berlangsung di Kantor Bupati Manggarai, ditandai dengan simulasi penyetoran pajak oleh Bupati Manggarai, Herybertus G. L Nabit. Bupati Hery yang didampingi oleh Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho, akhirnya berhasil menyetor pajak, bertanda pembayaran pajak di Manggarai bisa dilakukan secara online.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengemukakan, pembayaran pajak yang bisa dilayani melalui kanal pembayaran digital Bank NTT adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sembilan pajak daerah lainnya, serta Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dengan program pembayaran pajak secara online, lanjut dia, maka Bank NTT telah ikut serta membangun Kabupaten Manggarai melalui fasilitas-fasilitas digital yang dimiliki.

“Ini merupakan kewajiban Bank NTT ikut membangun Kabupaten Manggarai, Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Timur dan juga Indonesia,” kata Riwu Kaho.

iklan

Dia bilang, nantinya, pembayaran pajak secara online bisa dilakukan melalui Teller di Kantor Bank NTT, ATM Bank NTT, Mobile Banking, serta kanal digital Bank NTT lainnya, yakni EDC, dan B’Pung Mobile Bank NTT.

“Kami mempermudah jangkauan masyarakat, dengan menyediakan layanan pembayaran pajak secara online,” jelasnya.

Riwu Kaho mengatakan, selain mempermudah pembayaran pajak dengan sistem online, Bank NTT dan pemerintah juga sukses menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan daerah berupa pajak bisa dilaksanakan secara transparan.

“Ini merupakan wujud untuk menyukseskan transparansi pengelolaan keuangan daerah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Manggarai, Hery Nabit menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT karena telah membuka ruang untuk bekerja sama, khususnya dalam melayani pembayaran pajak secara online.

Menurut Bupati Hery, kerja sama ini merupakan peluang bagi pemerintah untuk membangun Kabupaten Manggarai dengan berbagai cara, bersama berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap Manggarai.

“Soal bayar membayar bukan hal baru, tapi melalui program ini, kita belajar membuka wawasan untuk bekerja sama dengan banyak pihak. Mereka (Bank NTT) datang membantu membangun Manggarai dengan cara dan sarananya sendiri,” jelasnya.

Kerja sama seperti ini tidak menutup kemungkinan bagi pihak lain untuk ikut berkontribusi membangun Manggarai.

“Kenapa pembayaran pajak secara online ini harus melalui Bank NTT, karena memang dari awal Pemda Manggarai bersama Bank NTT sudah membangun sistem ini. Tapi tidak berarti bahwa kerja sama seperti ini menutup atau membatasi pihak lain,” katanya.

Bupati Hery berharap, melalui sistem online, PAD Kabupaten Manggarai dapat meningkat serta ekonomi masyarakat Manggarai lebih efisien, baik itu dari sisi keuangan maupun dari sisi waktu.

Diketahui, launching dan simulasi ini disaksikan oleh Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, Staf Khusus Gubernur NTT Pius Rengka, Kadis Pertanian Provinsi NTT Lecky Koli, Pemimpin Cabang Bank NTT Ruteng Jemmi Romi D. Radjalangu, para pimpinan OPD, para Camat Sekabupaten Manggarai, serta pejabat Bank NTT Cabang Ruteng.

Adapun sembilan Pajak Daerah yang bisa dibayar melalui kanal pembayaran online milik Bank NTT, yakni Pajak Hotel, Pajak Restaurant, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, dan Pajak Sarang Burung Walet.

TERKINI
BACA JUGA