Kopdit Obor Mas Gandeng PPL Pertanian Beri Pelatihan Kewirausahaan di Kangae

Maumere, Ekorantt.com – Kopdit Obor Mas bersama PPL Pertanian Desa Langir memberikan pelatihan kewirausahaan pengolahan beberapa produk kuliner berbahan dasar jagung di Habi Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Kamis, 29 September 2022.

Pelatihan dibuka oleh Wakil Ketua II Pengurus Kopdit Obor Mas Valentinus Vidis yang didampingi Manajer Area Sikka dan Timor Martonsius Juang, Manajer Kantor Cabang Pasar Tingkat Roneni Sisilia, dan Fasilitator PPL pertanian Desa Langir Mathilda Bunga Rose.

Wakil Ketua II Pengurus Kopdit Obor Mas, Valentinus Vidis mengatakan pelatihan kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan anggota, dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga.

“Pelatihan diadakan untuk membantu ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan apa lagi bahan bakunya mudah di dapat dan ada di sekitar kita,” ucap Valentinus.

“Diharapkan selain anggota memperoleh ilmu untuk mengolah jagung menjadi beberapa produk kuliner tetapi juga akan dijelaskan terkait produk dan layanan berupa simpan, pinjam, solidaritas dan juga perlindungan yang dapat diperoleh anggota di Kopdit Obor Mas,” sambungnya.

iklan

Manajer Area Sikka dan Timor, Martonsius Juang, dalam pemaparan materi tentang produk dan layanan Kopdit Obor Mas, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan kewirausahaan ini sangat lengkap karena melibatkan PPL Pertanian dan Kopdit Obor Mas.

“Pelatihan ini sepertinya dari hulu ke hilir. Pihak PPL pertanian mendampingi mulai dari budidaya jagung sampai panen dan hasil panen jagung tersebut diolah sampai menghasilkan produk turunan berupa makanan ringan,” tutur Marton.

“Sedangkan dari pihak Kopdit Obor Mas mendampingi permodalan melalui pinjaman KUR dan hasil dari produk tersebut dibantu untuk dipromosi melalui media sosial milik Kopdit Obor Mas,” lanjut Marton.

Sementara Manajer Kopdit Obor Mas Cabang Pasar Tingkat, Roneni Sisilia mengakui bahwa kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi anggota bukan kali pertama tetapi sebelumnya sudah diadakan di kelompok lain dengan bahan baku yang berbeda pula.

“Selama ini pelatihan yang diadakan itu terkait financial literacy dan juga kursus dasar koperasi, namun kali ini kami mengadakan pelatihan yang sedikit berbeda yakni langsung bersentuhan dengan keseharian anggota sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan mereka,” lanjut Neni.

Hal senada disampaikan PPL Pertanian Desa Langir, Mathilda Bunga Rose. Baginya, kerja sama dalam pendidikan kepada para anggota koperasi sangat bagus karena langsung bersentuhan dengan usaha mereka.

Menurut Mathilda, jagung bisa diolah menjadi beberapa produk kuliner berupa makanan ringan yakni emping jagung, marning jagung, beras jagung instan, rengginang jagung, tepung jagung, dan masih banyak lagi.

Selain bahan baku mudah didapat, menurut Mathilda, proses pengolahannya pun tidak terlalu sulit. Untuk mesin pengolahan tentu membutuhkan biaya sedikit mahal.

“Tapi dengan adanya Kopdit Obor Mas tentu ada solusinya melalui pinjaman KUR untuk pengadaan mesin pengolahan,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung sehari penuh yang diikuti 35 orang anggota yang dikelola oleh Maria Nona Nita sebagai Pengurus Kelompok Sahabat (PKS) Obor Mas.

 

TERKINI
BACA JUGA