Bakti Sosial Pramuka Gudep Smansa Larantuka di Pasar Inpres

Larantuka, Ekorantt.com – Pramuka Ambalan SMA Negeri 1 Larantuka menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan membersihkan Pasar INPRES Larantuka pada Jumat (30/9/2022).

Baksos ini melibatkan semua anggota Pramuka Gudep SMA Negeri 1 Larantuka karena sudah menjadi satu dari sekian banyak kegiatan yang diprogramkan oleh SMA Negeri 1 Larantuka.

Pembina Pramuka SMA Negeri 1 Larantuka Maria Goreti Hadung mengatakan, kegiatan baksos ini membuktikan bahwa Pramuka Smansa Larantuka juga sangat peduli dan cinta terhadap lingkungan.

“Dengan adanya kegiatan ini maka lingkungan menjadi bersih dan sampah-sampah yang ada di Pasar bisa dibersihkan dengan baik. Kegiatan ini terprogram secara rutin oleh anggota Pramuka SMA Negeri 1 Larantuka sebagai wujud cinta lingkungan bersih,” katanya.

Aktivitas anak-anak saat membersihkan sampah di Pasar Inpres Larantuka/Ekora NTT

Maria melanjutkan, pendidikan Pramuka adalah pendidikan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, tanggap, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina serta menjadi penggerak generasi selanjutnya.

iklan

“Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan adanya berbagai kegiatan yang dikemas sedemikian rupa sesuai dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan,” tambahnya.

Kepala SMA Negeri 1 Larantuka, Yakobus Milan Betan mengatakan, ia sangat antusias dan memberikan apresiasi kepada Gudep SMA Negeri 1.

“Hal seperti inilah sudah saatnya kita laksanakan. Peran sekolah di masyarakat perlu ditingkatkan. Sekolah tidak lagi hanya berperan sebagai tempat pembelajaran atau transfer ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tetapi harus lebih dari itu adalah sekolah harus melakukan sesuatu yang berguna bagi banyak orang,” katanya.

Di samping itu, Yakobus bilang, siswa sebagai generasi penerus bangsa sudah saantnya menyatu dengan masalah.

“Membantu mengatasi masalah agar dia paham tentang situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat yang adalah habitatnya dan merupakan bagian dari dirinya,” tutup Kepsek Yakobus.

Herry Koten

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA