Perumda Tirta Baribis Study Tour ke Perumda Tirta Komodo Ruteng

Ruteng, Ekorantt.com – Bupati Brebes, Idza Priyanti dan manajemen Perumda Air Minum Tirta Baribis melakukan study tour ke Perumda Air Minum Tirta Komodo Ruteng, Kabupaten Manggarai pada Jumat, 14 Oktober 2022.

“Sebelum ke sini kami sudah belajar lewat kinerja yang ditoreh oleh Tirta Komodo. Di sini tingkat kehilangan airnya rendah, terus pemakaian air pelanggan juga rata-rata tinggi,” kata Direktur Utama Perumda Tirta Baribis, Agus Isyono.

Study tour, lanjut dia, dilakukan untuk saling berbagi pengalaman, karena Perumda Air Minum Tirta Komodo memiliki kinerja yang baik, terutama dalam penurunan Non Revenue Water (NRW) dan efektivitas pengelolaan keuangan perusahaan.

Selain belajar tentang penurunan NRW, pihaknya belajar bagaimana tentang relokasi jaringan, serta manajemen kedisiplinan pelanggan untuk tidak melakukan illegal connection.

“Dan juga Dirut Tirta Komodo memberikan reward and punishment terhadap karyawan yang berprestasi. Bagi kami, ini oleh-oleh dari Tirta Komodo yang akan dibawa ke Brebes,” sebutnya.

iklan

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Komodo Marsel Sudirman menyampaikan bahwa pihaknya bangga karena dikunjungi perusahaan yang dari di Pulau Jawa. Ini sejarah baru bagi Marsel.

Kehadiran mereka, lanjut Marsel, sesungguhnya telah mengangkat derajat Tirta Komodo. Padahal, pihaknya biasa melakukan study tour ke Jawa.

“Pertemuan ini adalah sebuah historis bahwa ke depan, bekerja baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Apa yang kita kerjakan hari ini buah dari kerja keras serta manajemen pengelolaan dengan baik,” terang Marsel.

Marsel bilang, pihaknya sedang berupaya bagaimana dana bank dunia bisa masuk ke Perumda Tirta Komodo.

“Itu poin yang paling penting juga yang kita dapat. Ternyata ada terobosan yang bukan hanya kita sendiri tapi orang lain juga bisa mengintervensi,” tutupnya.

TERKINI
BACA JUGA