Stef Luon, Guru Muda yang Kembangkan Hobi Media Tanam

Ende, Ekorantt.com – Namanya Stefanus Luon, pria murah senyum ini adalah guru di lembaga pendidikan SMAK Syuradikara Ende.

Pekerjaan pokok menjadi guru tak membuat Stef, demikian ia biasa disapa, melupakan hobinya.

Gemar menanam dan mengoleksi tanaman hias membuat Stef masuk dalam usaha pengembangan media tanam secara amat intens.

“Saya kerjakan ini pertama-tama karena hobi. Kecintaan saya pada dunia tanaman hias dengan menggunakan media tanam itu efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman agar tetap sehat dan tentunya indah dipandang,” ucap Stef kepada Ekora NTT, Kamis, 13 Oktober 2022.

Ada pun media tanam yang dikerjakannya adalah media tanam Siap Pakai (SP) Umum, media tanam SP Aglonema, media tanam SP Calathea, media tanam SP Sayuran, media tanam Sekam Fermentasi, media tanam Sekam Steril Rebusan, media tanam Sekam Dasar/Lapuk, media tanam arang sekam, dan media tanam Sekam Mentah.

iklan

Menurut Stef, media tanam yang tepat adalah media tanam yang sesuai dengan siklus tanamannya dan harus porositas. Selain itu, keterpenuhan Nitrogen, Pospor, dan Kalium (NPK) menjadi kunci media tanam yang berkualitas.

Media tanam yang tepat, sekam dasar yang sudah diolah Stef Luon ketika diantar ke pembeli di sekitaran kota Ende/Ekora NTT

“Berkat pengalaman saya sebagai ketua kader konservasi alam kabupaten Ende binaan Balai Taman Nasional Kelimutu sejak 2014 sampai sekarang yang dikirim mengikuti berbagai pelatihan menanam beberapa jenis tanaman di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional, saya menghasilkan produk Metan (baca, media tanam) yang tepat dan berkualitas,” tuturnya.

Stef mengaku media tanam yang dikerjakannya mendapatkan perhatian besar dari para pencinta tanaman hias. Ini terbukti dari pemasaran produk media tanam yang sudah dipasarkan sedaratan Flores, Timor, Sabu, dan Sumba.

“Kadang saya kewalahan juga menyediakan produk. Permintaan pasar sangat tinggi. Apalagi saat pandemi kemarin, sangat ramai permintaan. Ya berkat kerja sama dan kerja keras crew, semua bisa terpenuhi,” ujar Stef.

Harga untuk media tanamnya pun terjangkau. Untuk media tanam siap pakai dengan campuran 7 sampai 9 jenis bahan Metan, harga mulai dari Rp40.000 sampai Rp120.000. Sedangkan untuk produk non-siap pakai, harga mulai dari Rp25.000 sampai Rp75.000.

Ia mengaku media tanam yang dikerjakannya selalu laris diburu karena semua bahannya organik dan dikelola secara tepat dan bijak.

Refleksi tentang kerja-kerjanya adalah alam telah memberikan semuanya secara cuma-cuma maka produk yang dihasilkan untuk aspek yang namanya keindahan pun harus dikerjakan dengan organik.

Beberapa jenis tanaman hias di depan rumah Stef Luon, Nanganesa, Ende/Ekora NTT

Lidya Ciraiko salah satu penyuka tanaman hias dan pelanggan setia dari Elmonik Media Tanam yang dikerjakan Stef Luon mengaku senang karena kualitas produk media tanam sangat istimewa dan membuat tanaman hias di rumahnya tumbuh subur dan segar.

“Aglonema di rumah itu tumbuh subur dan tampak sangat indah sebenarnya tergantung dari media tanam. Saya senang sekali karena media tanam dari sahabat saya Stef Luon ikut membuat pekarangan rumah kami indah,” ujar Lidya.

Penyuka tanaman hias lainnya Bruder Anton dari Biara St. Konradus Ende mengaku produk media tanam yang dikerjakan Stef Luon sungguh berkualitas sehingga aneka tanaman hias yang ditanamnya bertumbuh subur dan sangat indah dipandang mata.

“Aglonema yang ada di sini tampak subur dan indah dipandang mata, salah satu faktornya karena penggunaan produk media tanam dari Pak Stef. Ya, bagus sekali kalau pakai media tanam SP Aglonema,” ucap Bruder Anton.

Bagi para penyuka tanaman hias di kota Ende khususnya dan NTT umumnya yang membutuhkan media tanam yang dikerjakan oleh Stef Luon bisa berkunjung ke alamatnya di Gang Kasih, Jalan Flores Nanganesa-Ende. Atau bisa menghubunginya di nomor kontak 0852 0567 3232.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA