Bupati Djafar Minta Para Cakades Berjiwa Kesatria dan Siap Terima Kekalahan

Ende, Ekorantt.com – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I di wilayah Kabupaten Ende, Bupati Ende H Djafar H Achmad meminta semua calon kepala desa memiliki jiwa kesatria dan siap menerima kekalahan.

“Semua Cakades harus berjiwa kesatria dalam menerima kekalahan agar Ende menjadi aman. Jadilah saudara yang saling menguatkan untuk membangun Ende ke depan,” katanya.

Djafar berharap, jika ada yang tidak terpilih maka harus tetap bersatu dengan yang terpilih untuk membangun desa.

“Jangan jadi pecundang, itu tidak baik, segala sesuatu bisa diatur dengan baik,” tutur Djafar.

Ia menegaskan permintaannya tersebut saat membawakan sambutannya pada acara silaturahmi bersama para calon kepala desa di pelataran Rumah Jabatan Bupati Ende, Sabtu (22/10/2022).

iklan

Dikatakannya, sebagai Bupati Ende dirinya ingin bersilaturahmi dengan semua calon kepala desa untuk saling menguatkan dan menyampaikan harapan; sekiranya Pilkades serentak dapat berjalan aman dan lancar serta tidak menimbulkan masalah.

“Pada prinsipnya semua kita adalah saudara, jangan sampai ada yang memberikan provokasi sehingga dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat, jangan ada yang masuk angin, jangan ada provokasi sehingga tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kalau takut gelombang jangan berlayar, main bola kaki kalau takut benturan jangan main, begitu juga dengan Pilkades,” tegasnya.

Lebih lanjut, Djafar mengatakan, yang bertarung dalam Pilkades adalah orang yang memiliki kemauan berdasarkan kehendak bebas, jadi harus siap untuk kalah dan menang.

Dirinya mengimbau agar semua pihak turut menjaga Kabupaten Ende dengan mewujudkan Pilkades damai, karena Ende adalah kota rahim Pancasila.

Menurutnya, dalam Pilkades selalu berpotensi timbul benturan, maka jika ada persoalan jangan diperpanjang, harus ditanggapi dengan tenang dan matang.

Ia menyampaikan, para Cakades hanya bisa berusaha, selebihnya menjadi urusan Tuhan. Untuk dirinya meminta agar selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap urusan, karena Tuhan tidak pernah salah memilih.

Bupati Ende juga meminta kepada segenap Cakades yang terpilih nanti untuk tidak menggelar pesta berlebihan tetapi segera menyiapkan diri untuk bekerja demi membangun desa.

Di akhir sambutannya, Djafar menegaskan agar panitia Pilkades dapat bekerja dengan baik dan berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Dalam kesempatan silaturahmi tersebut, dilaksanakan penandatanganan pernyataan bersama para calon kepala desa, para camat, dan Bupati Ende dalam mewujudkan Pilkades yang damai, aman, dan lancar serta bermartabat.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA