Gubernur Laiskodat Minta APH Investigasi Penyebab Terbakarnya Kapal Chantika Express 77

Kupang, Ekorantt.com – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat meminta aparat penegak hukum (APH) untuk melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya kecelakaan pelayaran terhadap Kapal Chantika Express 77 tujuan Kupang-Alor.

Penegasan ini disampaikan Gubernur Laiskodat saat mengunjungi korban kecelakaan kapal Chantika Express 77 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) WZ Johannes Kupang, Selasa, 25 Oktober 2022 .

Menurutnya, investigasi terhadap kecelakaan kapal Chantika Express 77 harus dilakukan karena telah menyebabkan adanya korban jiwa.

“Kita mendesak aparat untuk memanggil dan memeriksa semua pihak yang mengizinkan kapal untuk berlayar. Baik dari segi kelayakan kapal maupun lolosnya penumpang yang tidak masuk dalam manifes yang ikut dalam pelayaran itu,” ujarnya.

 

iklan

“Saya minta untuk ditindak lebih lanjut pemeriksaan kepada semua pihak. Karena untuk layak berlayar dan dapat ijin berlayar itu seharusnya semua hal diperiksa,” tambahnya.

Ia juga meminta APH untuk melakukan investigasi terkait jumlah penumpang yang melampaui angka yang tercantum pada manifes. Kelebihan penumpang ini, kata Gubernur Lasikodat, dilakukan hanya untuk menghindari pajak.

“Hanya menghindari pajak saja lalu menjadi masalah begini, maka harus dipanggil untuk efek jerah agar ke depan jangan ada lagi kejadian begini,” tegas Gubernur Laiskodat.

Gubernur Laiskodat juga menegaskan agar dilakukan perbaikan transportasi publik mulai dari segi pengamanan dan manifesnya harus diperketat.

Tanpa Biaya

Kehadiran Gubernur Laiskodat di RSUD WZ Johannes Kupang dalam rangka mengunjungi satu per satu korban yang sedang dirawat sekaligus untuk memastikan ketersediaan obat dan pelayanan terhadap pasien dapat berjalan dengan lancar.

Ia meminta pihak rumah sakit yang merawat para pasien korban kebakaran kapal agar tidak memungut biaya dari pasien.

“Untuk korban, kita tangani dan saya sudah minta pihak rumah sakit agar jangan kenakan biaya. Kita akan tanggung semuanya,” ujar Gubernur Laiskodat.

Gubernur Laiskodat menemui para pasien mulai dari Ruang IGD maupun Ruang Isolasi RSUD W. Z. Johannes Kupang. Ia pun menyempatkan diri menyapa para korban tragedi Kapal Fery Cepat Cantika Express 77 dan memberikan semangat kepada para korban.

Untuk diketahui, Kapal Fery Cepat Cantika Express terbakar di perairan Naikliu, Kabupaten Kupang saat hendak bertolak ke Alor dari Kupang pada Senin (24/10/2022). Korban yang meninggal diketahui 14 orang.

TERKINI
BACA JUGA