Pemkab Sikka Siapkan Lahan Empat Hektare untuk Arena Pacuan Kuda

Maumere, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka menyiapkan lahan seluas 4 hektare untuk arena pacuan kuda di Wairii, Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo atau yang akrab disapa Robi Idong saat membuka lomba pacuan kuda di Gelora Samador, Jumat (28/10/2022).

Ia mengatakan, lahan 4 hektare di Wairii disiapkan untuk membangun sarana dan prasarana olahraga pacuan kuda.

“Kita akan membangun sirkuit permanen dan yang memiliki standar nasional,” kata Robi.

“Mudah-mudahan di PON tahun 2028, salah satu cabang olahraga berkuda bisa hadir di NTT,” ujarnya.

iklan

Olahraga berkuda di Kabupaten Sikka, kata Robi, sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi kebanggaan masyarakat Sikka.

“Hari ini patut kita syukuri karena olahraga pacuan kuda yang kita tinggalkan sejak 26 tahun yang lalu, akhirnya bangkit, kita mulai lagi di Gelora Samador,” ujarnya.

Robi Idong juga menyampaikan terima kasih kepada ketua panitia dan semua pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan lomba pacuan kuda.

“Terima kasih kepada Adeodatus Buang Da Cunha sebagai ketua. Dan beliau saya tunjuk secara langsung untuk memimpin persatuan olahraga berkuda (Pordasi) Kabupaten Sikka,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih yang sama atas partisipasi dan dukungan semua sponsor.

“Tadi anggota DPD RI, Angelo Wake Kako menyampaikan beliau akan mendukung penuh olahraga pacuan kuda,” ujarnya.

Robi menambahkan, olahraga berkuda sudah sah dimasukkan dalam KONI dan resmi menjadi salah satu cabang olahraga di Sikka.

Sementara itu, Anggota DPD RI, Angelius Wake Kako atau yang akrab disapa AWK, menyampaikan dirinya mendukung olahraga pacuan kuda untuk menggairahkan ekonomi.

Ia berharap event yang sudah terlaksana tidak berhenti, tetapi dijadikan kegiatan yang berkelanjutan.

“Sebagai anggota DPD saya akan mendukung. Dan saya meminta kepada panitia dan Bapak Bupati Sikka menyiapkan lahan untuk arena pacuan kuda,” tandasnya.

TERKINI
BACA JUGA