25 Warga Kelurahan Watunggene Gabung Jadi Anggota Pintu Air

Borong, Ekorantt.com – Warga Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur memutuskan untuk bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air.

Ketua Komite Pintu Air Cabang Aimere, Kanisius B. Leza mengatakan bahwa mereka bergabung setelah mendapatkan sosialisasi pada Selasa (6/12/2022).

“Tujuan sosialisasi itu sendiri agar calon anggota paham dan mengerti dengan sungguh kedudukannya dalam lembaga KSP Kopdit Pintu Air, terutama hak-hak dan kewajibannya,” ujar Kanis.

Ia menambahkan bahwa sebelum sampai pada acara puncak pertemuan dan pencairan dana, selaku komite, dirinya telah melakukan pendataan dengan mengunjungi rumah masing-masing calon anggota.

Pada hari yang sama, Wakil Ketua Komite Theresia Uta dan Manajer Cabang Marselus Laka bersama staf Benedicta A. Yulianti langsung menyiapkan berkas administrasi keanggotaan dan melakukan pencairan dana Rp5.000.000 per anggota atau dengan total Rp125.000.000 Dan dikembalikan ke koperasi sebesar Rp37.500.000.

iklan

Dengan rincian masing-masing anggota menyetorkan kembali ke koperasi sebesar Rp1,5 juta.

“Dana sebesar itu dicatat sebagai dana kewajiban sebagai anggota baru 450 ribu rupiah, kewajiban angsuran bulan pertama sebesar 360 ribu rupiah dan sisanya dicatat sebagai simpanan saham bagi anggota tersebut,” ungkapnya.

Dari pinjaman sebesar itu, lanjut Kanis, anggota akan mengembalikannya secara teratur selama 24 bulan dengan besar angsuran Rp360 ribu. Angka itu sudah termasuk kewajiban membayar simpanan wajib.

Kanis bilang, pada umumnya anggota yang baru bergabung itu meminjam untuk mendukung usahanya seperti buat kue, jual ikan, jual sayur dan membelanjakan bahan-bahan untuk kios.

Menurut Kanis, program Jempola memang menjadi terobosan yang sangat diminati oleh masyarakat. Karena dengan meminjam orang tersebut sudah menjadi anggota.

“Dahulu orang susah masuk menjadi anggota hanya karena terkendala uang pendaftaran menjadi anggota sebesar Rp450 ribu, sekarang tidak lagi,” tandasnya.

Kanis yakin, dengan cara tersebut, warga akan antusias untuk bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA