Pemkab Ngada Gandeng Warga Buka Ruas Jalan

Bajawa, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Pekerjaan Umum menggandeng warga membuka sejumlah ruas jalan tanpa menggunakan anggaran daerah.

Kebijakan tersebut berdasarkan kesepakatan pemerintah dan masyarakat dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-77 tahun 2022.

“Ruas jalan yang berhasil kita buka adalah Ngoranale-Wawowae. Itu sudah sejak tahun 2008 belum tembus tapi dalam waktu dua minggu kita berhasil selesaikan,” ujar Kepala Dinas PU Ngada Yohanes Y. Wou Dopo.

Ia menjelaskan pembukaan jalan tersebut berhasil dilaksanakan berkat dukungan masyarakat setempat. Pemerintah menyiapkan ekskavator sedangkan masyarakat bersedia menyiapkan bahan bakar.

Selain akses Ngoranale-Wawowae, Yohanes menambahkan, berhasil dibuka juga adalah jalan tani yang menghubungkan Desa Dadawea-Wajamala di Kecamatan Golewa Selatan dengan panjang lebih dari dua kilometer .

iklan

Bupati Ngada Andreas Paru menilai Dinas PUPR memberi peranan penting dan strategis dalam membangun Kabupaten Ngada secara utuh. Hal itu dibuktikan dengan keberpihakan PUPR dalam membuka sejumlah akses di wilayah.

Bupati Andreas menyatakan hal ini saat acara syukuran Hari Bakti PUPR di halaman Kantor Dinas PU Ngada, pekan lalu.

“Karena peran dan eksistensinya, maka tidak ada cara lain, tidak ada jalan lain semua struktur yang ada di Dinas PUPR harus bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menjalankan tugas tersebut dengan baik, Dinas PUPR mampu menjawab visi dan misi pemerintah dalam sisa waktu dua tahun ke depan.

TERKINI
BACA JUGA