Komisi Informasi NTT Berikan Predikat Informatif kepada Bawaslu Manggarai

Ruteng, Ekorantt.com – Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan gelar kehormatan atau Predikat Informatif kepada Bawaslu Kabupaten Manggarai dalam momen Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Provinsi NTT di Kupang pada Rabu (7/12/2022).

Ketua Komisi Informasi Provinsi NTT Agus Lede Bole Baja dalam sambutan mengemukakan, hadirnya KI NTT sebagai representasi negara dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik serta sarana mengoptimalkan kebutuhan masyarakat mengakses informasi.

Dikatakan Agus, pihaknya terus mendorong partisipasi masyarakat dalam mendapatkan hak atas informasi.

Hal ini sangat penting. Sebab, menurutnya, penyelenggara negara harus transparan sehingga makin dapat dipercayakan oleh publik.

“Pemerintah yang terbuka akan terbangun legitimasi dan kepercayaan publik pada setiap badan publik,” ucapnya.

iklan

Kegiatan ini, kata dia, untuk mengukur keterbukaan informasi publik, apakah sudah sesuai UU atau tidak, dalam mengelola informasi.

Adapun kategori yang dinilai pada lembaga publik, antara lain pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, lembaga penyelenggara pemilu, lembaga vertikal, partai politik, perguruan tinggi, dan LSM.

Plt Sekda NTT, Yohana Lisa Pali mengatakan, pihaknya terus mewartakan keterbukaan informasi publik dalam mewujudkan NTT yang terbuka. Kebebasan informasi juga harus mendorong akses publik dalam mendapatkan informasi.

Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Komisi Informasi NTT yang telah menyelenggarakan penganugerahan ini. Karena di era digitalisasi sekarang tidak ada hal yang ditutup, bahkan dengan memberi dan menerima informasi adalah hal penting.

“Saya berharap agar Badan Publik harus menyediakan informasi yang benar dan akurat dan tidak menyesatkan bagi masyarakat,” tegasnya.

Sementara anggota Bawaslu Manggarai, Herybertus Harun menyampaikan apresiasi kepada Komisi Informasi Provinsi NTT yang telah memberikan penghargaan terhadap pihaknya dengan Predikat Informatif.

“Penghargaan ini sebagai motivasi bagi kami dalam bekerja, terutama untuk keterbukaan informasi publik. Semoga tahun depan menjadi lebih baik,” harapnya.

TERKINI
BACA JUGA