TRuK Gandeng Unipa Jalin Kerja Sama Pelayanan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan

Maumere, Ekorantt.com – Tim Relawan untuk Kemanusiaan (TRuK) Divisi Perempuan menjalin kerja sama dengan Universitas Nusa Nipa (Unipa) terkait pelayanan perempuan dan anak korban kekerasan.

Kerja sama itu dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang jatuh pada 10 Desember 2022.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan usai Talk Show di Aula Nawacita Unipa, Sabtu (10/12) antara Koordinator TRuK Suster Fransiska Imakulata, SSpS dan Rektor Unipa Angelinus Vincentius.

“Saya yakin dengan penandatanganan MoU ini, ke depan Unipa dan Perguruan Tinggi di Nian Sikka akan turut ambil bagian dalam memperjuangkan hak-hak pihak yang rentan terhadap kekerasan terutama perempuan dan anak,” kata Suster Fransiska.

Sementara Rektor Unipa Angelinus Vincentius mengungkapkan sejak awal berdirinya Unipa telah bermitra dan berkolaborasi dengan Serikat Sabda Allah.

iklan

“Di hari spesial peringatan HAM sedunia TRuK yang dinisiasi dan dibesarkan SSpS membuka diri menjalin kerja sama dengan Unipa di mana TRuK dibesarkan oleh Kongregasi SSpS saudari dari Serikat Sabda Allah,” ujar Angelinus.

Rektor Angelinus mengatakanm Nusa Nipa diartikan sebagai Pulau Naga. Spirit naga yang memiliki semangat berapi-api hendaknya menjadikan mahasiswa memiliki pula semangat berapi-berapi mengkampanyekan hak asasi manusia.

“Generasi milenial sebagai agent of change berusaha menegakkan hak asasi manusia terutama memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak korban kekerasan,” kata Angelius.

Talk Show

Sebelum penandatangan kerja sama, terlebih dahulu dilaksanakan Talk Show dengan tema ‘Milenial dan HAM : Berkebudayaan, Berkemanusiaan’.

Mata acara Talk Show itu dihadirkan empat narasumber; Rektor IFTK Ledalero Pater Otto Gusti Madung, SVD, Dosen Fakultas Hukum Unipa Kornelis Yosep Paga Meka, Kaprodi Psikologi Unipa Maria Nona Nancy dan Staf Divisi Perempuan TRuK Maria Hendrika Hungan.

Talk Show yang dimoderatori Intan Mustafa, dosen Komunikasi Unipa dihadiri 700 peserta dari enam perguruan tinggi dan utusan peserta didik dari SMA se-Kabupaten Sikka beserta undangan lainnya.

TERKINI
BACA JUGA