Dua Nelayan Larantuka Terjebak di Laut Lepas Usai Kemudi Perahu Patah

Larantuka, Ekorantt.com – Agus Patin (35) dan Yosep Betan (35) sempat hanyut di laut lepas setelah perahu mereka patah di bagian as kemudi. Beruntung, dua nelayan asal Larantuka, Kabupaten Flores Timur itu berhasil diselamatkan.

Felix Tukan (36), salah seorang keluarga korban menyatakan keduanya mulai melaut pada Kamis (29/12) sore di perairan Larantuka.

“Sejak kemarin sore mereka mancing di Bama. Mereka tidak bawa HP. Kami gelisah. Nelayan semua sudah pulang ke darat, mereka belum pulang juga,” ujar Felix, Jumat.

Keluarga langsung berinisiatif melakukan pencarian. Mereka menggunakan KM Trisakti 01 yang dinahkodai Syamsudin Sengaji (42). Kedua nelayan tersebut akhirnya ditemukan di wilayah perairan Botung.

“Kami pakai teropong dari kapal beras,” kata Felix.

iklan

Namun, proses evakuasi kedua nelayan tersebut sempat mengalami kesulitan. Felix berkata, perairan itu dilanda angin kencang serta gelombang tinggi.

“Mereka selamat tapi perahu kami tinggalkan,” tutur Felix.

Syamsudin menambahkan peristiwa tersebut berawal adanya informasi dari pihak Syahbandar yang meminta bantuan agar bisa menolong dua nelayan yang terjebak di tengah laut.

Tak ada pertimbangan lebih jauh, Syamsudin langsung terjun membantu kedua nelayan tersebut meski situasi hujan dan angin kencang.

“Sempat minta bantuan Basarnas tapi masih dalam proses pencarian korban,” kata Syamsudin.

“Kami punya kewajiban semampu kami untuk bisa lakukan. Kami di laut selalu bantu dan tidak pandang bulu,” ujar dia menandaskan.

TERKINI
BACA JUGA