5.307 ASN di Ende Belum Terima Gaji Januari 2023

Ende, Ekorantt.com – Sebanyak 5.307 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari 5.064 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 243 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Ende belum menerima gaji pada Januari 2023.

“Banyak PNS yang mengeluh hal ini. Saya harap kondisi ini harus ditanggap serius oleh pihak PPKAD,” ujar Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ende, H. Hasbulah Mberu kepada Ekora NTT di Gedung DPRD Ende, Kamis (12/1/2023).

Dikatakan politisi PKS tersebut, pemerintah mesti menerapkan formula yang tepat sehingga kejadian di awal tahun soal keterlambatan pembayaran gaji tidak lagi terjadi.

Anggota DPRD Ende H. Hasbulah Mberu (Foto: Ansel Kaise- Ekora NTT)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan aset daerah, Maurits Bunga saat di konfirmasi, membenarkan hal tersebut.

“Sekarang sedang dalam proses rekapan dan review atas pengajuan oleh Organisasi Perangkat Daerah, besok (Jumat-Red) sudah mulai kita bayar,” ùjar Maurits.

iklan

Maurits menerangkan, perihal keterlambatan pembayaran gaji pada awal tahun akibat penyesuaian sistem dan pembaharuan data awal tahun melalui aplikasi Sipede.

“Jadi itu biasa. Tahun sebelumnya bisa sampai bulan Februari. Nah, makanya di tahun ini awal Januari kita bayar dengan cara manual dulu,” Ungkap Maurits.

Disebutkan Maurits, anggaran daerah untuk membiayai gaji ASN di Kabupaten Ende mencapai 27 miliar rupiah setiap bulan.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA