Jadikan Ruteng Kota Molas, Ratusan Siswa Lakukan Aksi Pungut Sampah

Ruteng, Ekorantt.com – Ratusan peserta didik SMA Katolik Setia Bakti Ruteng melakukan bakti sosial dengan memungut sampah di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai pada Sabtu (14/1/2022).

Aksi pungut sampah tersebut berangkat dari keresahan bersama soal sampah di Kota Ruteng sekaligus memperjuangkan Ruteng sebagai Kota Molas.

Pembina OSIS SMAK Setia Bakti, Ancis Atom mengemukakan, Kota Molas adalah slogan yang akhir-akhir didengungkan oleh Pemkab Manggarai.

“Kota Molas hanya bisa digapai kalau semua pihak termasuk masyarakat bisa menatanya menjadi lebih baik, termasuk membudayakan masyarakatnya agar tahu dan mau menjaga kebersihan,” terangnya.

Ancis berpendapat, agar menata kembali pedagang kaki lima (PKL) untuk berdagang pada tempatnya. Kemudian, perkuat barisan petugas kebersihan agar selalu stand by di lokasi-lokasi umum.

iklan

“Sediakan pula tempat sampah di depan pintu tokoh atau swalayan agar masyarakat terbiasa membuang sampah pada tempatnya,” pintanya.

Sementara Kepala SMA Katolik Setia Bakti, Suster Yuliana Jawa Koten menegaskan bahwa bakti sosial tersebut tidak hanya mengedukasi masyarakat, tetapi juga peserta didik untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekitar.

“Ya, memupuk kesadaran para peserta didik untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Selain itu, kata Suster Yuliana, kegiatan tersebut dalam rangka pesta pelindung SMA Katolik Setia Bakti St. Arnoldus Janssen yang jatuh pada hari Minggu 15 januari 2023.

Diketahui, semua yang terlibat dalam bakti sosial pungut sampah terdiri dari peserta didik sebanyak 900 orang beserta guru dan pegawai.

TERKINI
BACA JUGA