1.223 Rumah Tangga di Manggarai Terima Bantuan Meteran Gratis

Ruteng, Ekorantt.com – Pemerintah Kabupaten Manggarai menelurkan program bantuan meteran gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sejak 2019 hingga 2022, sebanyak 1.223 rumah tangga telah menikmati bantuan itu.

PLT Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Manggarai, Kondradus Kumat mengatakan, program tersebut menyasar desa-desa yang baru dialiri jaringan listrik.

Pada tahun 2019, penerima bantuan meteran listrik gratis sebanyak 600 KK, kemudian tahun 2020, turun menjadi 468 KK. Sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 64 KK dan tahun 2022 ada 90 KK.

“Awalnya besar. Sekarang tahun 2021 kita refocusing besar-besaran,” kata Kondradus kepada Ekora NTT di ruang kerjanya, Selasa, 17 Januari 2023.

Kondradus mengemukakan, pihaknya akan memberikan meteran dan instalasi listrik kepada 462 KK pada tahun 2023. Jumlah ini kembali meningkat dari tahun sebelumnya.

iklan

“Jumlah tersebut masih belum mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) minimal 500 per tahun,” ujarnya.

“Berharap tahun 2024 mencapai target. Syukur juga kalau melampaui. Semua tergantung kondisi keuangan daerah,” tambah Kondradus.

Program bantuan meteran listrik gratis, kata Kondradus, menyasar masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya yang belum memiliki sambungan listrik.

“Dananya dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana yang digunakan berjumlah Rp3 juta per KK untuk pengadaan meteran dengan kapasitas 900 VA, instalasi, token perdana Rp100 ribu, dan 3 titik lampu,” urai Kondradus.

Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Silvester Nado menjelaskan, wakil rakyat tentu mendorong pemerintah daerah agar dalam melaksanakan program pembangunan yang sudah termuat dalam RPJMD.

Kata politisi Demokrat itu, RPJMD hendaknya menjadi panduan dalam melaksanakan program pembangunan.

Silvester juga menegaskan agar program pemasangan meteran gratis harus tepat sasaran.

“Untuk itu mekanisme penentuan penerimaan manfaat harus berjalan dengan baik,” katanya.

TERKINI
BACA JUGA