Anggota Pintu Air di KCP Palu Terus Bertambah

Palu, Ekorantt.com – Perkembangan anggota KSP Kopdit Pintu Air di KCP Palu menunjukkan angka yang menggembirakan.

Hal itu ditandai dengan jumlah anggota yang bertambah dari waktu ke waktu.

Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air KCP Palu, Didimus Dari mengatakan, anggota KCP Palu per 31 Desember 2022 mencapai 1.024 orang.

Pada awal tahun 2023, ada penambahan sebanyak 78 orang. Bahkan hingga akhir Januari 2023, anggota baru diprediksi akan bertambah 40 orang.

“Kami baru cairkan pinjaman kepada 40 orang anggota dari Desa Loru dan Desa Panau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Semua mereka masuk melalui program Jempola,” kata Didimus yang dihubungi pada Jumat, 20 Januari 2023.

iklan

Menurutnya, anggota yang baru diberikan pinjaman untuk mengembangkan usaha rumahan. Mulai dari membuka kantin di sekolah, berjualan aneka kue dan nasi bungkus hingga memelihara ayam buras dan kambing.

Salah satu anggota, Novita, menyampaikan terima kasih kepada Kopdit Pintu Air. Kehadirannya telah membantu warga setempat keluar dari jerat pinjaman berbunga tinggi.

Kehadiran Pintu Air membuat Novita memberanikan diri untuk membuka kios tabung gas elpiji.

Tahun lalu, Novita memberanikan diri untuk membuka kios untuk melayani kebutuhan gas elpiji. Hal itu ia lakukan mengingat permintaan gas elpiji di wilayahnya cukup tinggi.

Usaha yang ditekuninya itu menunjukkan hasil yang cukup baik. Namun karena modal yang dimilikinya masih terbatas, membuat dirinya tidak mampu menyediakan gas elpiji dalam jumlah yang lebih banyak.

“Sangat beruntung sekali, saya bisa bertemu dengan orang dari Pintu Air. Ketika ada sosialisasi ternyata ada produk pinjaman untuk itu. Ini yang baru saya temui di daerah kami pak. Padahal ada di sekitar kami yang lepas pinjaman dengan bunga yang sangat besar,” ujar Novita penuh semangat.

Novita berkeyakinan bahwa usaha yang digelutinya ini bakal berkembang pesat, karena orang sudah mulai beralih dari kayu bakar dan minyak tanah untuk memasak menuju kompor elpiji.

TERKINI
BACA JUGA