Dinsos NTT Siaga Cuaca Ekstrem

Kupang, Ekorantt.com – Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengantisipasi cuaca ekstrem yang melanda wilayah NTT sejak Desember 2022 hingga April 2023 dengan menyiapkan stok bantuan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT, Yosef Rasi, mengatakan stok bantuan yang ada saat ini dalam rangka mengantisipasi bencana-bencana yang terjadi akibat cuaca ekstrem yakni makanan siap saji, lauk pauk siap saji, beras dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Selain menyiapkan makanan siap saji, Dinsos juga telah menyurati Kementerian Sosial untuk membantu beras tanggap darurat.

Beras yang disediakan pemerintah untuk tanggap darurat yaitu dari beras cadangan pemerintah yang merupakan kewenangan gubernur dan beras bantuan reguler dari Dinsos.

Bantuan beras diberikan kepada masyarakat sebagai korban setelah bupati atau walikota mengeluarkan surat pernyataan tanggap bencana dan diusulkan oleh kepala dinsos kabupaten/kota berdasarkan by name by address.

iklan

“Dinas sosial itu sifatnya mensupport jika ada bencana berkaitan dengan logistik maupun beras. Stok kita saat ini sangat terbatas sekali,” terang Kadis Yosef Rasi di Kupang pada Jumat (3/2/2023).

Dinsos NTT telah menyalurkan bantuan beras dan makanan siap saji akibat bencana cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kupang pada 2 Januari 2023 untuk penanganan di Takari, Pariti dan Sulamu.

Yosef mengatakan bahwa saat ini pemerintah provinsi sedang menunggu bantuan beras dari Kementerian Sosial. Mengantisipasi bencana ini, dirinya berharap pemerintah kabupaten/kota menggunakan cadangan beras yang dimiliki.

“Beras cadangan pemerintah dan beras reguler yang dimiliki pemprov akan diberikan kepada kabupaten/kota ketika beras cadangan kabupaten/kota kosong,” terangnya.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA