KUR Kopdit Obor Mas Bikin Usaha Bengkel Kayu Handi Bara Tambah Maju

Maumere, Ekorantt.com – Paulus Handi Bara atau yang akrab disapa Handi adalah salah satu anggota Kopdit Obor Mas yang memiliki usaha bengkel kayu di dusun Dokot, Desa Tilang, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka. Ia telah mengakses dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Kopdit Obor Mas untuk mengembangkan usahanya.

Sebelumnya, ia sempat mengajukan pinjaman di salah satu bank. Namun tak kunjung dilayani.

“Saya ajukan pinjaman tiga kali. Tapi tidak dilayani,” tutur Handi pada Selasa, 7 Februari 2023.

“Mungkin mereka tidak pecaya saya dan barang kali usaha saya dianggap tidak layak,” sambungnya.

Kemudian, secara kebetulan ia bertemu salah satu staf Kopdit Obor Mas,Petrus Walterius Bewat yang adalah seorang staf pemasaran. Petrus membuat dia makin semangat dan punya harapan untuk bisa mengembangkan usahanya melalui program KUR.

iklan

Handi bilang, proses pinjaman di Kopdit Obor Mas tidak lama. Bahkan semua berkas administrasi pun dibantu oleh staf.

“Saya tinggal tunggu di tempat saja petugas datang bertemu saya dan saya konsultasi pinjaman dan tanda tangan berkas pengajuan pun di rumah,” kata Handi.

“Selang beberapa hari saja saya dihubungi petugas untuk ke kantor dan pencairan pinjaman sehingga saya tidak kesulitan dan bolak balik kantor hanya untuk urus pinjaman seperti di tempat lain,” tambah suami Angelusia Firginia ini.

Sementara Petrus Walterius Bewat menuturkan bahwa Handi merupakan salah satu anggota Kopdit Obor Mas teladan karena setiap bulan tidak pernah lalai dalam mengangsur pinjaman.

“Pa Handi adalah anggota binaan saya yang saya anggap sebagai anggota teladan. Soal kewajiban bulanan ia tidak pernah lalai baik angsuran pinjaman dan simpanan wajib serta dana solidaritas lainnya,” ujar Petrus.

Satu lagi yang luar biasa dari Handi, kata Petrus, adalah ia telah mendaftarkan seluruh anggota keluarga dalam rumah, mulai dari orangtua, istri, dan juga anaknya.

Usaha bengkel kayu milik Handi pun berjalan bagus dan telah mengerjakan pesanan berbagai macam mebel mulai dari daun pintu, jendela, hingga kursi dan meja. Selain perorangan, ia juga mendapat pesanan dari sekolah dan kantor.

Rencananya, Handi akan kembali mengajukan kredit yang cukup besar pada tahun 2023. Pinjaman itu digunakan memperluas usahanya dengan mengadakan beberapa mesin tambahan yang lebih modern.

“Saya dan istri sepakat dalam tahun ini kembali mengajukan pinjaman yang lebih besar lagi untuk beli tambah mesin dan juga bahan baku berupa kayu serta menambah pekerja untuk membantu saya di bengkel,” jelas Handi.

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering (Foto: Kumparan.com)

Terpisah, General Manager Kopdit Obor Mas, L. Frediyanto M. Lering mengataka bahwa tahun 2023, pemerintah kembali memberikan kepercayaan kepada Kopdit Obor Mas untuk menjadi penyalur KUR.

“Pemerintah kembali memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi penyalur KUR dengan kuota tahun ini sebesar Rp200 miliar,” kata Frediyanto.

Dengan kepercayaan ini, kata Frediyanto, pihaknya akan semakin banyak membantu anggota untuk memperbaiki ekonomi rumah tangganya dengan kredit modal usaha melalui pinjaman KUR.

“Untuk pinjaman KUR diberikan kesempatan kepada semua anggota Kopdit Obor Mas yang memiliki usaha produktif untuk dapat mengaksesnya. Tidak perlu harus memiliki usaha besar-besar, dengan berjualan kue, bensin, tenun ikat, ojek pun dapat dilayani pinjaman KUR,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA