Raih Opini WTP, Kopdit Obor Mas Terus Jaga Kepercayaan Anggota

Maumere, Ekorantt.com – Kantor Akuntan Publik Hendro Syukron Edy (HSE) telah mengaudit laporan keuangan tahun buku 2022 KSP Kopdit Obor Mas. Hasilnya, Kopdit penyalur KUR ini kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kami tidak ragu memberikan opini kepada KSP Kopdit Obor Mas dengan opini wajar tanpa pengecualian,” kata Manajer Audit dari Kantor Akuntan Publik Hendro Syukron Edy (HSE), Rian Difa Subagio dalam konferensi pers di Kantor Pusat KSP Kopdit Obor Mas, Sabtu, 18 Februari 2023.

Rian mengatakan, dalam proses audit, pihaknya mengunjungi kantor pusat dan cabang-cabang KSP Kopdit Obor Mas pada 6-17 Februari 2023.

Dalam proses audit, kata Rian, tim auditor menemukan sejumlah hal positif. Di antaranya aset Kopdit Obor Mas naik 13 persen, dari Rp1,1 triliun pada tahun buku 2021 menjadi Rp1,2 triliun pada tahun buku 2022.

Peningkatan aset disokong oleh kepercayaan untuk menyalurkan KUR dan LPDB. Tidak heran bila angka piutang Kopdit Obor Mas meningkat 11,5 persen.

iklan

Kepercayaan masyarakat pun terbangun dengan sendirinya. Banyak masyarakat bergabung menjadi anggota untuk menyimpan dan mengakses layanan pinjaman di Kopdit Obor Mas.

“Sisuka mengalami kenaikan sampai 10,64 % dari tahun 2021, serta Sibuhar ada kenaikan 5,13 %, Sidandik ada 7,50 %, Simanis ada 16,9 %, Sikasih 9,3 %, Simapan ada 6,26 %, Siharta ada kenaikan 16,2 % dan Sikusus ada 17,5 %,” papar Rian.

Di sisi lain, anggota bertambah 17 ribu orang, dari 119 ribu orang pada tahun buku 2021 menjadi 136 ribu orang pada tahun buku 2022.

Berkaitan dengan penilaian kesehatan, Yosef Dodi Sukardi dari Puskopdit Swadaya Utama mengatakan, ada empat aspek yang dinilai yakni tata kelola, profil risiko, kinerja keuangan, dan kinerja permodalan.

Kesimpulan yang diperoleh, kata Yosef,  tingkat kesehatan Kopdit Obor Mas mencapai 90,12 persen dengan predikat sehat.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando berterima kasih kepada tim auditor yang telah mengaudit laporan keuangan Kopdit Obor Mas.

Markus mengatakan, pihaknya akan terus menjaga kepercayaan anggota, mengingat Kopdit Obor Mas dibangun atas dasar kepercayaan.

Hal senada disampaikan General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering. Baginya, opini WTP menjadi pelecut semangat dalam melayani anggota.

Kepercayaan masyarakat, kata Frediyanto, mendorong tim manajemen Kopdit Obor Mas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anggota.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA