JPIC Ruteng Ingatkan Pemerintah dengan Melakukan Aksi Pungut Sampah

Ruteng, Ekorantt.com – JPIC (Justice, Peace and Integrity of Creation) Keuskupan Ruteng melakukan bakti sosial dengan memungut sampah di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Selasa (21/2/2023).

Ketua JPIC Keuskupan Ruteng, RD Marten Jenarut menyebutkan, pihaknya menggandeng lembaga Caritas dan mahasiswa Stipas Santo Sirilus menjalankan aksi pungut sampah dengan misi mengingatkan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai untuk menemukan tata kelola sampah yang efektif.

Selain itu, kata RD Marten, aksi memungut sampah tersebut untuk membangun kesadaran masyarakat agar peduli sampah dan kebersihan lingkungan.

“Sekarang ini produksi sampah di Kota Ruteng makin hari makin banyak dan nyaris melampaui daya dukung lingkungan,” kata pastor yang juga berprofesi sebagai lawyer itu.

Ia berpendapat, sampah tidak hanya menjadi masalah lingkungan, tetapi berpotensi terjadinya masalah sosial. Pembuangan sampah sembarangan juga memicu konflik horisontal.

iklan

RD Marten bilang, selain itu, bakti sosial juga merupakan kegiatan untuk mengambil bagian dalam Hari Peduli Sampah Nasional yang dirayakan setiap tanggal 21 Februari.

“Kegiatan bakti sosial pembersihan sampah ini mulai di depan Gereja Katedral lama menuju Pasar Puni. Kemudian dilanjutkan depan Toko Sari Agung menuju Telkom. Lalu, samping Kantor DPR menuju belakang SMAK Setia Bakti. Kemudian lanjut lagi dari Katedral lama menuju Kantor Dispenda dan menuju Rumah Wunut sampai depan SMPK Imaculata,” sebutnya.

Senada juga disampaikan Soteris Seperuri Tanggul, salah seorang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu.

Sejauh pengamatan Soteris, masih banyak sampah yang berserakan di Kota Ruteng. Artinya, kesadaran masyarakat akan kebersihan belum terlihat.

“Terutama di got-got terlihat kumuh dan sangat memprihatinkan. Kami melihat banyak sekali sampah plastik,” tuturnya.

“Aksi ini nanti akan dilakukan bukan hanya pada saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, tetap kegiatan yang sama nanti bisa dilakukan pada hari Sabtu, misalnya,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA