Rapat Bulanan Kopdit Pintu Air Jadi Kesempatan Mendengarkan Suara Anggota

Maumere, Ekorantt.com – Salah satu tradisi yang setia dihidupi dalam KSP Kopdit Pintu Air adalah Rapat Anggota Bulanan (RAB) setiap minggu kedua dalam bulan.

Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano menjelaskan Rapat Anggota Bulanan telah menjadi tradisi yang sudah diwariskan Kopdit Pintu Air sejak lahir di Rotat pada 1 April 1995.

Melalui RAB, kata Jano, para anggota mengetahui laporan keuangan Kopdit Pintu Air dari bulan ke bulan. Sebagai pemilik koperasi, para anggota wajib mengetahui perkembangan Kopdit Pintu Air.

“Kita wujudkan prinsip dari, oleh, dan untuk anggota. Kan Pintu Air miliknya anggota,” kata Jano pada beberapa waktu lalu.

Sejak pandemi melanda tanah air pada 2020, RAB memang sempat dihentikan pelaksanaannya. Memasuki tahun buku 2022, KSP Kopdit Pintu Air kembali memaksimalkan Rapat Anggota Bulanan (RAB) yang sempat terganggu akibat kebijakan pembatasan aktivitas sosial masyarakat selama pandemi Covid-19. Rapat ini dilakukan mulai dari kantor pusat hingga kelompok dan unit.

iklan

“Kita juga ajak anggota supaya bawa satu calon anggota lain. Satu anggota membawa anggota baru,” tandas Jano.

Jano mengibaratkan Pintu Air sebagai pohon. Anggota di kelompok-kelompok adalah akar, sementara manajemen adalah batang pohon.

“Akar yang kuat akan membuat batang hingga rantingnya kokoh. Kalau akarnya rapuh otomatis batangnya juga tidak kuat,” jelas Jano sembari menegaskan bahwa RAB sesungguhnya juga adalah kesempatan untuk mendidik anggota untuk hidup berkoperasi secara baik dan benar.

Aloysius Kamil, Wakil Ketua Komite Cabang Kupang mengemukakan, RAB juga menjadi kesempatan untuk menghidupkan kembali anggota yang pasif atau yang kurang aktif.

Menjawab Ekora NTT tentang bagaimana tanggapan peserta rapat dalam RAB, Aloysius mengungkapkan bahwa anggota sangat senang karena bukan saja informasi dari Kopdit Pintu Air diketahui anggota, tetapi pihak manajemen juga mendengarkan apa kendala dan atau kesulitan yang dihadapi anggota.

TERKINI
BACA JUGA