Pintu Air Cabang Kupang Adakan Pertemuan Bulanan untuk Motivasi Anggota

Kupang, Ekorantt.com – Komite dan Managemen KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang melakukan pertemuan bulanan secara rutin oleh untuk menghidupkan kembali motivasi anggota yang mulai berangsur-angsur redup.

Hal ini diperangruhi oleh minimya informasi dari lembaga dan lemahnya ekonomi anggota yang bersangkutan. Dalam pertemuan, ada banyak hal yang disampaikan kepada anggota dan sebaliknya anggota men-share pengalaman mereka kepada manajemen.

Wakil Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Kupang, Aloysius Kami pada Senin (22/2/2023) mengatakan, pertemuan itu sendiri berlangsung di rumah Yohanes Bria, di mana turut turut menghadiri, Manager Pintu Air Cabang Kupang, Bernadus Novianto serta staf managemen.

Di hadapan peserta pertemuan bulanan kelompok Penfui yang berjumlah 187 orang, Wakil Ketua Komite menuturkan bahwa pertemuan bulanan merupakan forum yang sangat penting bagi semua anggota untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pengelolaan KSP Kopdit Pintu Air.

”Melalui pertemuan bulanan menajemen akan mengumumkan kepada anggota tentang capaian kinerja keuangan dan pelayanan berbagai produk unggulan yang manjadi kepada anggota,” tutur Aloysius sembari manambahkan, dari forum pertemuan itu, pihaknya juga mendengarkan catatan sebagai masukan yang dapat diperbaiki.

iklan

Agenda penting dari pertemuan rapat bulanan meliputi; penyampaian perkembangan kinerja keuangan yang meliputi, jumlah aset, jumlah simpanan pokok dan wajib, jumlah kredit beredar serta kredit lalai.

“Inilah hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan yang mesti diketahui anggota, karena anggota adalah sebagai pemilik. Sedangkan Komite dan managemen hanyalah sebagai pengelola atau pelayan,” ujar Aloysius.

Adapun target lain yang ingin dicapai dari pihak managemen adalah ingin menghidupkan kembali anggota yang pasif alias tidak aktif lagi.

Disampaikannya, pada saat awal pembentukan kelompok Penfui tahun 2011, jumlah anggota mencapai 400 orang hingga sekarang yang masih aktif tinggal 187 orang.

Selain itu, juga mengamati tunggakan pinjaman anggota yang cukup besar. Sehingga melalui pertemuan itu secara perlahan manajemen mengingatkan anggota yang oleh karena berbagai kesulitan sedang mengalami tunggakan atas pinjamannya supaya sedikit demi sedikit mulai melaksanakan kewajibannya.

Aloysius menambahkan, tidak kalah pentingnya adalah menyampaikan kepada anggota akan beberapa produk dari sektor riil Pintu Air seperti, minyak kelapa, garam , sabun  dan air mineral kemasan  Rotat serta Pertashop yang menjual BBM. Ini semua merupakan produk sekto riil yang harus diketahui anggota.

Menjawab Ekora NTT tentang bagaimana tanggapan peserta rapat, Aloysius mengungkapkan bahwa mereka sangat senang karena bukan saja informasi dari Kopdit Pintu Air diketahui anggota, tetapi pihak manajemen juga mendengarkan apa kendala dana tau kesulitan yang dihadapi anggota.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA