Mensos Risma Minta Masyarakat Nelayan di Ende Tidak Menyerah dengan Keadaan

Ende, Ekorantt.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini meminta masyarakat nelayan di Kabupaten Ende agar tidak menyerah dengan keadaan. Pemerintah terus hadir lewat program kerja pemberdayaannya.

“Tidak boleh menyerah. Bantuan ini harus membuat kita lebih giat berusaha,” ujar Risma saat memberikan bantuan 25 kapal tangkap dalam kunjungannya ke Desa Bheramari, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, Selasa, 28 Februari.

Kementerian Sosial memberikan bantuan kapal  kepada 25 kelompok nelayan di sembilan kecamatan di Kabupaten Ende.

Kapal nelayan yang diberikan tersebut terbuat dari fiber sehingga lebih ringan, tahan terhadap cuaca, perawatan lebih mudah dan waktu produksi lebih singkat. Kapal fiber tersebut berukuran Panjang 10,5 meter dengan lebar 2 meter dan dapat menampung ikan sebanyak 4 ton.

Menteri Risma meminta warga penerima bantuan untuk dapat memanfaatkan kapal itu dengan baik demi peningkatan pendapatan.

iklan

Pemerintah akan mendorong pemberdayaan masyarakat nelayan dengan menciptakan produk-produk pengolahan ikan agar dapat diakses oleh pasar luas.

“Setelah ini kita akan latih ibu-ibu yang suaminya nelayan agar bisa menciptakan industri rumah tangga untuk pengolahan ikan,” kata Risma.

“Jadi bukan industri besar. Kita berdayakan masyarakat agar ada peningkatan ekonomi rumah tangga,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Ende Djafar Achmad menyampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah pusat bagi para nelayan di Ende.

“Terima kasih ibu menteri dan segenap jajaran Kemensos juga bapak Andreas Hugo Parera yang telah sama-sama berjuang memperhatikan kebutuhan rakyat di Kabupaten Ende,” ujar Bupati Djafar.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA