Pekerja Sosial di Sikka Hadirkan TPA ABK Pertama di Flores

Maumere, Ekorantt.com – Tempat Penitipan Anak, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Altonora Kasih Bunda kini hadir di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini adalah pertama di Pulau Flores.

TPA ABK Altonora Kasih Bunda beroperasi sejak 30 Januari 2023, atas inisiasi Bernadetha Krismiyanti dan tiga rekannya Idel Karwayu, Etha Bura dan Maria Ovhy. Mereka pekerja sosial medis khusus anak disabilitas.

“Kami ingin ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan dari Yayasan Bhakti Luhur, kami terapkan untuk anak berkebutuhan khusus di Flores pada umumnya dan Nian Sikka khususnya,” ujar Bernadetha Krismiyanti (47) kepada Ekora NTT, Selasa, 28 Februari 2023.

Bunda Nita, demikian sapaannya, menjelaskan, hadirnya TPA juga untuk meneruskan misi dari pendiri Yayasan Bhakti Luhur Malang, Romo Paulus Hendrikus Janssen yakni merawat anak berkebutuhan khusus secara intensif dengan hati.

Terlebih berdasarkan hasil observasi sosial, banyak anak disabilitas di Kota Maumere menderita autis, Attention Deficit/ Hyperactivity Disiorder (DHD) Drown Syndrome dan Cerebral Palsy (lumpuh otak).

iklan

Sayangnya, orang tua anak disabilitas tidak memiliki kemampuan untuk melatih dengan tepat dan benar.

“Para orang tua anak disabilitas tidak paham mengenai apa yang dialami oleh anak mereka dan tidak memiliki kemampuan untuk memberikan latihan yang tepat buat anak-anak. Itu alasan kami hadir di sini,” ujarnya.

Bunda Nita menuturkan, sejak TPA ABK Altonora Kasih Bunda beroperasi sudah delapan anak penyandang disabilitas yang mendaftar, namun baru tiga yang aktif.

“Karena cuaca yang lagi tidak bersahabat anak-anak yang sudah daftar belum bisa diantar ke TPA,” ucapnya.

Ia juga berharap orang tua tidak perlu ragu untuk mendaftarkan anaknya ke TPA ABK Altonora Kasih Bunda, sebab para terapis merupakan lulusan Sekolah Menengah Pekerja Sosial (SMPS) Malang dan sempat bekerja di Pusat Rehabilitasi Anak Cacat di Jakarta.

Lurah Kota Uneng, Stefanus Parera menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran TPA anak berkebutuhan khusus di wilayahnya.

“Soal TPA anak normal banyak. Tapi untuk TPA ABK baru pertama dan diharapkan membantu kelurahan dalam hal menangani ABK,” kata Stef

Sebagai informasi, TPA ABK Altonora Kasih Bunda Kota Uneng menyediakan konsultasi, fisioterapi, speech terapi, bimbel ABK, terapi autis, sensomotorik, dan area bermain.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA