Bakti Sosial SMAN 1 Nangapanda, Strategi Budayakan Gotong Royong dan Peduli Lingkungan

Ende, Ekorantt.com – Sebagai persiapan diri baik jasmani maupun rohani pada masa puasa (Prapaskah) dan ujian tengah semester (UTS), para guru, pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Nangapanda melaksanakan bakti sosial, Sabtu (25/2/2023).

Kegiatan tersebut sekaligus menjadi strategi membudayakan kerja gotong royong dan peduli lingkungan serta mewujudkan kebersihan dan keindahan lingkungan.

Kerja bakti yang dilaksanakan tersebut selain diprioritaskan untuk membersihkan lingkungan sekolah dan menata ruang kelas yang akan digunakan sebagai ruangan ujian; tetapi lebih bertujuan pada pengembangan diri siswa dalam aspek kepedulian terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan.

“Kegiatan ini bukanlah kegiatan yang istimewa tetapi sudah menjadi program rutin sekolah,” kata Wakasek Bidang Kesiswaan, Mardiyah.

Ia bilang, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini merupakan pelaksanaan program rutin sekolah dalam menyongsong masa puasa dan persiapan ujian tengah semester.

iklan

Mardiyah mengatakan, cuaca tak menentu akibat hujan deras dan angin kencang pada akhir Februari dan awal Maret 2023, mendorong warga sekolah bekerja sama dalam bakti sosial tersebut.

Siswa Smanda saat bergotong royong membersihkan lingkungan gereja-Ekora NTT

Kerja bakti, lanjut Mardiyah, juga dilaksanakan di lingkungan tempat ibadah Gereja Paroki Nangapanda dan Mesjid Muamalah Puukungu serta lingkungan Pasar Nangapanda.

Markus Nggare, selaku Pembina OSIS menyampaikan rasa bangganya melihat kesadaran, kebersamaan dan semangat para siswa dan para guru yang saling bekerja sama dalam melaksanakan kerja bakti.

“Ternyata semangat kebersamaan dan nilai kegotongroyongan dalam menciptakan kebersihan di lingkungan masih tetap ada dan terjaga. Walaupun iklim dan cuaca ekstrim yang baru terjadi tidak menghilangkan semangat dan budaya gotong royong semua pendidik dan peserta didik,” kata Markus Nggare.

Dengan kesadaran yang sama, lanjut Markus, para guru dan siswa-siswi SMAN 1 Nangapanda membawa pula alat kebersihan sendiri untuk membersihkan lingkungan tempat ibadah dan pasar dari pukul 08.00 sampai 11.30 WITA dan dibagi menjadi tiga kelompok siswa-siswi dan para guru.

Kepala SMA Negeri 1 Nangapanda, Simon Lowa, S.Pd mengatakan, kegiatan bakti sosial merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup serta partisipasi dan kerja sama antara seluruh komponen sekolah.

“Ini sangat baik dan berguna bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik,” kata Kepsek Simon.

Ia juga menyampaikan, kegiatan kebersihan lingkungan juga menjadi perhatian khusus sekolah dalam mewujudkan sekolah bersih, sehat, dan indah dengan salah satu kegiatannya melalui kerja bakti itu.

“Mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat gotong royong di lingkungan sekolah dan masyarakat, dan menjadi kerja nyata untuk menyelesaikan masalah kebersihan lingkungan.  Sebab lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan, serta risiko penyakit dapat dihindari,” pungkas Kepsek Simon Lowa.

 Kontributor: Ronny Soka, Tantri Wea, dan Sriwati Ropi

TERKINI
BACA JUGA