Tergerus Banjir, Jalan Trans Utara Flores Terancam Putus

Ende, Ekorantt.com – Intensitas curah hujan yang tinggi belakangan ini mengakibatkan ruas jalan Trans Utara Flores di Dusun Maumeri, Desa Wewaria, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende, NTT, nyaris putus akibat banjir yang meluap dari kali Loworea.

Dampak lain, akses transportasi masyarakat yang melintasi jalur tersebut terganggu.

Warga meminta pihak terkait segera memperbaiki kerusakan jalan dan membangun tanggul pengaman.

“Sudah sering terjadi bencana ini. Gerusan air kali sudah makan setengah badan jalan. Jika tidak segera ditangani maka akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah; bahkan jalan ini bisa putus. Ini akses satu-satunya,” ungkap salah seorang warga, Aristo Manggo, kepada Ekora NTT, Jumat (3/3/2023).

Dikatakannya, kerusakan jalan Trans Pantura Flores yang menghubungkan Mbai dengan Maumere Kabupaten Sikka itu terjadi di beberapa titik. Selain di Maumeri, Kecamatan Wewaria, beberapa tirik rawan juga terjadi di Kecamatan Maurole dan Kotabaru.

iklan

“Memang ada dana provinsi yang masuk tahun 2022. Tapi itu belum semuanya. Masih banyak titik yang rusak seperti di Nira Nusa dan Tou di Kecamatan Kota Baru,” ujar Aristo.

Ia berharap pihak terkait segera turun melihat dampak kerusakan, membuat analisis, hingga segera menindaklanjuti dengan perbaikan.

TERKINI
BACA JUGA