KPU Tetapkan Tiga Dapil dan 25 Kursi DPRD Nagekeo

Mbay, Ekorantt.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga daerah pemilihan (Dapil) dan 25 kursi DPRD Nagekeo pada Pemilu 2024.

“Animo masyarakat mengusulkan perubahan dapil sangat tinggi tetapi KPU menetapkan tiga dapil dan 25 kursi sesuai rancangan existing,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Nagekeo Mikael Angelo Mali, Selasa (14/3/2023).

Dapil yang sah untuk Pemilu 2024 ialah Aesesa, Aesesa Selatan, dan Wolowae (Dapil 1), Nangaroro, Keo Tengah, dan Mauponggo (Dapil 2), dan Boawae (Dapil 3).

Sedangkan alokasi kursi DPRD Nagekeo untuk Dapil 1 berjumlah 9 kursi, Dapil 2 berjumlah 10 kursi dan Dapil 3 berjumlah 6 (enam) kursi.

Mikael menuturkan KPU mempertimbangkan tujuh prinsip yang termaktub dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2023, yang salah satu poin mengandung prinsip berkesinambungan.

iklan

Mikael menjelaskan KPU telah memperhatikan tujuh prinsip penyusunan, yakni prinsip kesetaraan nilai suara, prinsip ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, prinsip proporsionalitas.

Selanjutnya, prinsip integritas wilayah, prinsip berada dalam satu wilayah yang sama, prinsip kohesivitas, dan prinsip berkesinambungan.

“Usulan perubahan dapil tidak masuk dalam prinsip berkesinambungan, yang salah satunya ialah pertumbuhan pendudukan yang mempengaruhi jumlah kursi,” terang Mikael.

“Jumlah penduduk kita di Nagekeo masih di bawah 200 jiwa. Kemudian kita tidak ada penambahan wilayah (kecamatan) sehingga tidak masuk dalam prinsip berkesinambungan,” kata dia menambahkan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nagekeo Yohanes Nanga menyatakan urgensi penambahan dapil setidaknya penambahan wilayah dan pertumbuhan jumlah penduduk.

“Penambahan kursi DPRD bila jumlah penduduk suatu wilayah 200 plus satu jiwa. Nah, jumlah penduduk kita di Nagekeo masih di bawah angka itu,” kata Yohanes.

Untuk mengawas setiap tahap pemilu, Yohanes meminta keterlibatan media. Peran media dalam pengawasan setiap kegiatan pemilu sangat penting untuk menjaga kualitas demokrasi.

“Karena itu kami berharap wartawan ikut dalam kegiatan pemilu dari tahap ke tahap,” kata Yohanes saat acara Media Gathering mengenai Publikasi dan Dokumentasi Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan Pemilu 2024 di Mbay.

TERKINI
BACA JUGA