Terima Penghargaan UHC dari BPJS, Bupati Sikka: Ini Jadi Motivasi

Maumere, Ekorantt.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menerima penghargaan pencapaian jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Award dari BPJS Kesehatan, Selasa 14 Maret 2023 di Balai Sudirman Jakarta.

Penghargaan diberikan karena pemerintah Kabupaten Sikka dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap kualitas kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Robi Idong menyampaikan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas penghargaan yang telah diberikan untuk Pemkab Sikka.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan BPJS Kesehatan kepada kami. Dan ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan merupakan program prioritas pemenuhan hak-hak dasar bagi masyarakat kabupaten Sikka,” ujarnya.

Menurutnya, penghargaan tersebut tidak lepas dari peran serta berbagai pihak. Pemkab Sikka pun berkomitmen untuk terus meningkatkan akses pelayanan kesehatan agar masyarakat lebih maju, sejahtera, dan lebih baik lagi.

iklan

“Terhitung sejak September 2022, sebanyak 322.143 jiwa penduduk Kabupaten Sikka telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 328.199 jiwa atau sebesar 98.15 persen,” ujarnya.

Sebagai informasi, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya UHC di Indonesia.

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres Ma’ruf juga mengapresiasi komitmen pemda khususnya dalam melaksanakan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Salah satu instruksi presiden kepada gubernur dan bupati/walikota adalah mendorong target RPJMN.

Target tersebut, yaitu 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui Program JKN-KIS pada tahun 2024, dengan mengalokasikan anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

Sampai  dengan 1 Maret 2023 jumlah penduduk Indonesia yang sudah dijamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS sebanyak 252,1 juta jiwa atau lebih dari 90% dari seluruh penduduk Indonesia.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA