Camat Molo Utara Resmikan Titik Kumpul Anggota Pintu Air Cabang Soe, TTS

Soe, Ekorantt.com – Yohanis B. Tefa, Camat Molo Utara meresmikan titik kumpul Anggota KSP Kopdit Pintu Air Cabang Soe di Desa Tunua, Kecamatan Molo Utara, TTS, Kamis, 16 Maret 2023.

Titik kumpul yang merupakan simpul paling bawah dalam struktur pemberdayaan dalam Kopdit Pintu Air mendapat dukungan dari seorang camat.

Camat Yohanis juga menyampaikan beberapa hal pokok yang harus diperhatikan oleh anggota Kopdit Pintu Air yang merupakan warga masyarakatnya.

Ia berpesan agar masyarakatnya membudayakan pola hidup hemat, menghindari pesta pora yang memboroskan pendapatan yang sedikit.

“Selalu sisihkan pendapatan untuk menabung demi masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

iklan

Yohanis juga mengukuhkan Kepala Desa Tunua, Maher Tanu sebagai penasehat dan pelindung bagi 79 orang yang telah bergabung menjadi anggota KSP Kopdit Pintu Air di titik kumpul Tunua.

“Bagi yang sedang mendapat pinjaman diimbau supaya gunakan uang itu sebaik mungkin untuk mengembangkan usaha yang ditekuni bukan untuk dihabiskan,” katanya.

Sebagai anggota, lanjut Yohanis, harus menaati aturan yang ada dalam lembaga koperasi.

“Bagi anggota yang sedang gunakan pinjaman dari Pintu Air, saya pesan agar gunakan uang itu secara baik untuk mendukung modal usaha, bukan untuk konsumtif. Gunakan uang sebaik mungkin. Dan yang sangat penting adalah taat membayar kewajiban setiap bulan secara teratur,” tutur Yohanis sembari mengingatkan bahwa uang yang digunakan itu adalah uang para anggota lain yang menabung.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Camat Yohanis berjanji ia bersama istri dan anaknya juga bergabung menjadi anggota Kopdit Pintu Air.

Hal ini karena ia melihat ada begitu banyak manfaat yang diperoleh anggota saat sudah bergabung dengan koperasi dengan jumlah anggota terbanyak itu.

Sementara itu Pendeta Sandra S. Matara, dari Jemaat Imanuel mengatakan pinjaman yang diberikan sesungguhnya itu adalah berkat dari Tuhan.

“Untuk itu, gunakan berkat yang diberikan itu dengan sebaik-baiknya. Kembangkan uang itu sesuai dengan bakat dan talenta yang dimiliki dan selalu taat pada aturan yang ditetapkan oleh lembaga,” katanya.

Sementara Manager Cabang Soe, Robertus Sedu berserta Ketua Komite Yehunias S. A. Naat menginformasikan, hingga saat ini jumlah anggota telah mencapai 97 orang; ditambah lagi dengan anggota yang baru masuk pada saat sosialisasi sebanyak 14 orang, dan total kredit beredar untuk anggota di desa itu mencapai Rp92 juta untuk 20 peminjam.

Menanggapi apa yang dilakukan Camat Molo Utara, Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano menyampaikan terima kasih kepada camat yang telah hadir memberikan dukungan bagi warganya yang memilih bergabung di Kopdit Pintu Air.

Menurut Jano, terbentuknya koperasi itu berasaskan gotong royong, sehingga sangat tepat sekali jika Bapak Camat Molo Utara ikut memberikan motivasi bagi anggota agar mereka dapat keluar dari situasi sulit yang melilit kehidupan keluarganya.

“Di lain sisi, motivasi itu untuk memperkecil bahkan sedapat mungkin menghilangkan jurang pemisah antara si miskin dan si kaya,” kata Jano.

Diketahui, kegiatan ini berlangsung di Kantor Desa Tunua. Turut menghadiri, Kepala Desa Tunua, Maher Tahun, Pendeta Jemaat Imanuel, Sandra S. Matara, SSI serta sejumlah tokoh adat dan masyarakat lainnya baik yang telah bergabung manjadi anggota maupun mereka yang masih menjadi calon anggota.

Sementara itu, dari Kopdit Pintu Air Cabang Soe, hadir Manager Cabang, Robertus Sedu dan Ketua Komite Cabang, Yehunias S. A. Naat.

TERKINI
BACA JUGA