Christin Kayat Puji Desainer Lokal saat Festival Pintu Air

Maumere, Ekorantt.com – Koordinator lomba fashion show pada Festival Pintu Air, Christin Kayat, memuji desainer lokal Sikka saat tampil pamer busana daerah.

Pujian itu diungkapkannya setelah melihat penampilan para peserta yang mengenakan busana dengan desain yang sangat beragam dengan motif tenun asli Sikka.

Menurut Christin, fashion show bukan sekedar mencari putra putri nian Sikka berbakat yang mampu berlenggak lenggok saat pentas, tetapi juga menjadi media pembelajaran bagi para desainer.

“Tampilan itu sudah terbukti dan menunjukkan kalau para desainer nian Sikka sudah berkembang,” kata dia.

Christin menyatakan hal ini sebelum mengumumkan hasil lomba fashion show yang digelar di tempat wisata Pintar Asia Beach, pertengahan April lalu.

iklan

Ia menyebut, ada tiga aspek utama yang dinilai dalam fashion show. Penilaian pertama dilihat dari aspek busana yang dikenakan.

Proporsi dan kombinasi motif 30 persen motif tenun dan 70 persen kesesuaian kombinasi warna serta teknik menjahit, tidak menor dan pemilihan asesoris.

Penilaian kedua berkaitan dengan penggunaan make up. Make up yang digunakan oleh peserta tidak terkesan menor, dan tetap menampakan wajah sebagai seorang anak yang nampak santai dan penuh keceriaan.

Christin bilang paduan lip stick harus cocok dengan warna gaun yang dikenakan peserta.

Kemudian syarat kriteria ketiga adalah bekaitan dengan gaya atau penampilan saat berjalan di atas panggung pentas. Tidak kaku, luwes dan memperlihatkan wajah senyum.

Berdasarkan penilain ini dewan juri yang terdiri dari Christin Kayat, Maria Chornelia Annan dan Jovy Desamanta secara bulat menetapkan para juara sebaga berikut.

Kategori A peserta dengan kategori umur 4-7 tahun juara III Fortunata Cahaya Wula Restu Usman, juara II Jennifer Yuka Putri Daris dan juara I Maria Adelheid Xaveriana Dea.

Kategoti B untuk peserta usia 8-12 tahun. Juara III Veronika Gracia Primandana Blaan, juara II Epivania Paulina Suci dan juara I Prigita Mariehta Alvania.

Pemilihan the best causal outfit oleh dewan juri jatuh pada Epivania Paulina Suci. The best make up diraih oleh Brigita Marietha Alvania dan the best catwalk dimenangkan oleh Christiane Gradia Konterius.

Kategori laki-laki, juala III diraih oleh Noah Radiant, juara II oleh Stanislaus Apriliano Sari dan juara I pilihan juri jatuh pada Gregorius Geraldino Gilank Lamapaha.

Sertifikat peserta lomba fashion show casual out 2023 dengan sentuhan wastra Sikka kategori laki-laki diraih oleh Patricio Oscarria Filybert N. Wula dan Delomra Bintang Christian Rurek serta the best performance disabilitas diberi kepada Maria Pizensa Margaretha.

“Bagi pemenang lomba akan memperoleh hadiah uang, tropi dan sertifikat,” kata Christin menandaskan.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA