Bang Sances Raup Rp300 Ribu Tiap Hari dari Usaha Soto Babat

Maumere, Ekorantt.com – Christoforus Garhapung (53) atau biasa disapa Bang Sances meraup keuntungan dari usaha soto babat Rp300 ribu setiap hari.

Usaha yang baru berjalan satu bulan ini membuat dia terpacu dari sebelumnya berprofesi sebagai kontraktor. Sebab, tiap bulan ia bisa memperoleh pendapatan sebesar Rp7,8 juta.

“Penghasilan setiap hari bisa mencapai Rp300 ribu. Setiap hari ramai,” kata dia.

Siang itu, Jalan Swadaya Pos Nomor 2, Kelurahan Kota Baru tampak ramai. Bang Sances memilih menjajak di depan kantor Pos dan Giro Maumere, Kabupaten Sikka.

Gerobak bertuliskan Soto Babat Bang Sances dikerumun pengunjung. Tampak seorang pria berkaca mata, mengenakan baju kemeja kotak berwarna biru putih sedang melayani pelanggannya dengan senyum.

iklan

Dia adalah Bang Sances. Usai melayani, ia berbalik ke gerobak lalu meracik soto babat. Aroma varian soto menebar ke mana-mana.

“Awalnya keliling kota Maumere dan melihat belum ada orang yang berjualan soto babat,” ujar kepada Ekora NTT, Rabu, (25/5/2023).,

Usaha itu baru mulai berjalan sejak April 2023 dengan modal awal Rp5 juta. Modal itu ia gunakan untuk membeli lima kilogram daging sapi.

Daging itu diolah menjadi varian soto. Ada soto babat, soto paru, soto campur yang berisi daging sapi, jeroan serta soto tulang sedot dengan harga yang dibadrol Rp20 ribu per porsi.

Selain usaha soto, Bang Sances berencana mengembangkan usaha nasi bakar, ikan bakar, kopi, pisang goreng. Namun, niat itu terkendala modal.

“Orang lain bisa, kenapa kita tidak bisa? Saya juga harus bisa,” ucap dia.

Bang Sances memang memiliki naluri berdagang sejak masih di bangku sekolah. Kemudian ia mengembangkan bakat itu dari chanel youtube.

Ia bertekad berhenti dari kontraktor dan memilih fokus untuk mengembangkan usaha itu. Bagi dia, usaha soto menjanjikan dari segi pendapatan.

“Penghasilannya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi saya,” ujar Bang Sances.

Greg, salah satu pengunjung mengaku sering menikmati soto babat Bang Sances. Porsi yang disuguhkan, kata dia, terlihat banyak bikin kenyang.

“Apalagi kuahnya yang panas bikin gurih itu tampak segar untuk disantap siang-siang,” kata Greg.

spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA