Berno Beding, Dosen Unika Ruteng Raih Juara Dua Menulis Opini Tingkat Nasional

Ruteng, Ekorantt.com – Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng, Bernardus Tube Beding, meraih juara dua tingkat nasional lomba ‘Menulis Opini di Media Massa’.

Judul opini yang terpilih sebagai pemenang kedua dari ratusan peserta lomba itu yaitu “Agama dan Spiritualitas Berbicara”.

Kepada Ekora NTT, beberapa waktu lalu, dosen asal Lamalera Lembata itu mengatakan bahwa perlombaan ini dalam rangka memperingati Hari Komunikasi Sedunia ke-57 yang diadakan oleh KWI setiap tahun.

“Saya mengikuti perlombaan menulis opini di media massa yang diadakan oleh Komsos KWI dengan memenuhi persyaratan, mengikuti ketentuan, dan menuruti arahan Komsos KWI,” ujar pria yang akrab disapa Berno itu.

Berno bilang, ketentuan khusus yang harus dipenuhi adalah membaca, mempelajari, dan menginterpretasikan isi pesan Paus Fransiskus untuk Hari Komunikasi Sedunia. Lalu, ia memilih sendiri gagasan dan sudut pandangnya, sambil menyesuaikan dengan karakter media yang dipilih.

iklan

“Artinya, opini yang ditulis merujuk pada pesan Paus Fransiskus,” terangnya.

Berno berpendapat bahwa menulis adalah salah satu jalan pewartaan. Ketika menulis, berarti berbicara dengan hati. Hati yang menjadi titik start seseorang untuk berbahasa yang baik, benar, dan santun.

“Saya menulis opini ini mau mengangkat bagaimana kehadiran agama dalam membangun spiritualitas berbicara. Saya boleh katakan, Kepausan mengangkat tema Berbicara dengan Hati  untuk Hari Komunikasi Sedunia tahun 2023 ini, satu sisi untuk menegaskan keberadaan agama bahwa agama tidak sekadar memuaskan ‘Zeus di puncak Olimpus’, tetapi sebaliknya memiliki hati yang melihat, hati yang mendengarkan, hati yang membaca, dan hati yang berbicara. Yah, bisa kunjungi opini saya di kolom opini Media Indonesia 16 April 2023 (Red: https://mediaindonesia.com/opini/574541/agama-dan-spiritualitas-berbicara),” sebut pria kelahiran Lamalera, 18 Oktober 1983 itu.

Berno juga memberi apresiasi kepada Kepausan yang “menyuarakan” pentingnya “kemahiran berbahasa” membaca, berbicara, menyimak/mendengarkan, dan berbicara” dalam menyongsong Hari Komunikasi Sedunia.

Tahun ini, kata dia, Kepausan mengajak kita untuk “Berbicara dengan Hati”. Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada keluarga yang selalu mendorong dan mendukungnya untuk terus menulis.

“Terima kasih juga kepada Civitas Akademika Unika Santu Paulus Ruteng sebagai rahim akademik yang selalu memberi ruang belajar kepada saya,” ungkap Berno.

Diketahui, juara pertama Lomba Menulis Opini di Media Massa tingkat nasional diraih oleh Agustian Ganda Putra Sihombing, seorang Biarawan Ordo Karmel Kapusin dengan judul opini “Paskah dan Pembaharuan Komunikasi Ekologis” yang diterbitkan pada media Kompas.id, 9 April 2023.

Sementara juara tiga diraih oleh Sihol Mulatua Hasugian, seorang ASN di Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin dengan judul opini “Memperbaiki Komunikasi ASN” yang diterbitkan pada media Tribun Banjarmasin Post, 4 April 2023.

TERKINI
BACA JUGA