Kemenparekraf Ajak Pengusaha Bergabung ke Floratama Academy 2023

Labuan Bajo, Ekorantt.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mengajak pengusaha bergabung ke Floratama Academy 2023 untuk mendorong program usaha yang berkelanjutan.

“Program ini diadakan untuk membuka ruang kepada pengusaha ke depan usai agenda ASEAN Summit,” ujar Kepala Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, saat Kick Off Webinar Floratama Academy 2023, Senin (29/5/2023).

Floratama Academy merupakan program inkubasi pengusaha UMKM dalam bentuk pelatihan, peningkatan kapasitas dan pendampingan.

Shana menyebut program tersebut menyentuh jenis usaha yang mencakup 17 bidang pariwisata dan 12 bidang ekonomi kreatif yang berbasis 3P yaitu people (masyarakat), planet (lingkungan) dan prosperity (kesejahteraan bersama).

Adapun tiga skema kelas kelompok pengusaha yang terinklud yakni unit usaha baru (startup), growing group yang diperuntukan bagi pelaku usaha yang sedang berkembang dan sudah berjalan selama dua tahun, dan community based atau berbasis komunitas dan homestay.

iklan

“Saya mengajak pengusaha untuk bergabung ke program ini agar bisa menjadi pengusaha Parekraf yang sukses di Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama),” kata Shana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menuturkan pemerintah terus mendorong pelaku usaha lokal untuk mendukung program usaha berkelanjutan di Floratama.

Sebab, program tersebut telah menghasilkan 448 alumni Floratama Academy yang diimplementasikan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ada tiga skema kelompok yang didorong dalam program ini ialah usaha baru, usaha berkembang, dan usaha komunitas,” katanya.

Ia berharap pengusaha lokal di Floratama dapat memanfaatkan program tersebut untuk mengembangkan usaha ke depan demi tercapainya suatu usaha yang maju, sejahtera, dan dapat meningkatkan ekonomi daerah.

TERKINI
BACA JUGA