Kemenparekraf Sebut Wolobobo Ngada Festival Bantu Wujudkan Target Kunjungan Wisata 2023

Bajawa, Ekorantt.com – Kemenparekaf meyakini bahwa penyelenggaraan Wolobobo Ngada Festival mampu mengangkat citra pariwisata Kabupaten Ngada. Bahkan, festival ini ikut membantu terwujudnya target kunjungan wisatawan nasional 2023.

“Tentu kami sangat mendukung terlaksana kegiatan ini dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional”, ujar Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing, Josua Simanjuntak dalam acara pembukaan Wolobobo Ngada Festival di Bajawa, Rabu, 28 Juni 2023.

Untuk diketahui, sektor parekraf menorehkan catatan kinerja positif pada 2022 lalu. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara berhasil mencapai 5,5 juta atau melewati target awal sebesar 3,6 juta. Begitu juga dengan pergerakan wisatawan nusantara yang mencapai 703 juta.

Tahun 2023, kata Josua, target capaian di sektor parekraf meningkat dua kali lipat. Jumlah wisatawan mancanegara ditargetkan mencapai angka 7,4 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,4 miliar.

Di sisi lain, Josua mendorong Pemkab Ngada untuk memperkuat narasi wisata. Di dalamnya, diceritakan potensi wisata, baik budaya maupun alam, yang ada di Ngada.

iklan

“Misalkan bambu, berapa banyak, tenun yang sudah ada ratusan tahun, hal ini harus mampu dinarasikan sehingga dunia tahu,” jelasnya.

Hal ini, kata Josua, dilakukan untuk menarik minat wisatawan. Diyakini, wisatawan tidak hanya datang untuk berlibur tetapi juga belajar tentang sesuatu di Ngada.

Senada, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatima mengatakan, narasi menjadi salah satu kekuatan dalam promosi wisata demi mendulang minat wisatawan.

BPOLBF, kata Shana, ikut membantu Pemkab Ngada dalam menyebarluaskan informasi tentang Wolobobo Ngada Festival melalui kegiatan promosi. Promosi tersebut dilakukan secara digital dan offline.

Shana mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan Wolobobo Ngada Festival sejak tahun lalu. Dan tahun 2023, pihaknya kembali mendukung penyelenggaraan festival yang telah terpilih sebagai bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN).

Wolobobo Ngada Festival 2023 digelar selama tiga hari, 28-30 Juni 2023. Terdapat tiga lokus yang menjadi tempat event, yakni Taman Kartini, Kebun Raya Bukit Wolobobo, dan Kampus Bambu Turetogo, masing-masing dengan program-program yang menarik, termasuk pameran, workshop, sport tourism, serta konser musik dan hiburan.

Festival ini diakomodir oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ngada berkolaborasi dengan institusi maupun komunitas-komunitas kreatif daerah.

TERKINI
BACA JUGA