Tokoh Adat Nataia, Nagekeo Doakan Perjuangan Politik Frans Aba

Bajawa, Ekorantt.com – Calon Gubernur NTT, Fransiskus Xaverius Lara Aba diterima secara adat saat menyambangi rumah adat suku Nataia, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Rabu, 12 Juli 2023, malam.

Tiba di pintu masuk rumah adat, Kepala Suku Nataia, Patrisius Seo menyapa Frans Aba dengan sapaan adat khas Nagekeo.

Patrisius meminta restu dari leluhur untuk memberi kesehatan dan memuluskan segala perjuangan Frans Aba.

“Dalam sapaan itu, kita meminta restu dari leluhur untuk memudahkan perjuangan dan memberi kesehatan bagi Bapak Frans Aba,” jelasnya.

Menurutnya, sebelum seorang tamu masuk ke rumah adat, terlebih dahulu dilakukan ritual untuk membersihkan diri.

iklan

Tokoh adat lain, Arnol Dju Wea menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan politisi muda tersebut.

Menurutnya, kunjungan Frans Aba merupakan yang pertama kali dan berharap bisa datang kembali.

“Saya juga berterima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini sehingga bisa diterima secara budaya. Kami mendoakan Bapak Frans ,” jelasnya.

Sebagai orang yang lahir dari budaya, Frans Aba terharu dengan penerimaan adat suku Nataia, Nagekeo. Hal itu sungguh di luar dugaannya.

“Penerimaan adat ini menjadi pembelajaran untuk saya agar serius menjaga budaya yang diwariskan nenek moyang kita. Ini sangat luar biasa,” kata Frans Aba.

Memang sejak awal, Frans Aba punya kepedulian untuk melakukan investasi di bidang kebudayaan. Selama ini, sektor kebudayaan kerap diabaikan begitu saja.

“Budaya atau pun adat itu kekayaan yang harus terus kita genggam dan jaga. Karena itu, saya siap jadi pemimpin yang tidak melupakan adat istiadat kita, yang peduli pada bukan saja Allah, tetapi juga arwah, dan juga alam. Kalau saya lupa adat maka saya lupa diri saya,” pungkasnya.

TERKINI
BACA JUGA