Dukung Penyelenggaraan Festival Lewokluok, BPOLBF: Dapat Jadi Contoh bagi Desa Wisata Lain

Larantuka, Ekorantt.com – Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores mendukung penyelenggaraan Festival Lewokluok di Desa Luwokluok, Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur selama dua hari, 17-18 Juli 2023.

“Kami menyambut dengan baik dan sangat mendukung inisiatif festival yang diselenggarakan oleh desa wisata sebagai bentuk promosi destinasi,” kata Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina dalam keterangan persnya pada Senin, 17 Juli 2023.

Penyelenggaraan Festival Lewokluok juga menjadi wadah bagi proses penyebaran informasi mengenai budaya lokal setempat kepada khalayak luas.

“Kami berharap Festival Luwokluok dapat dijadikan contoh oleh desa wisata lainnya dalam mengembangkan atraksi dalam bentuk event atau festival,” pesan Shana.

Kampung Lewokluok, jelas Shana, adalah salah satu dari 30 desa wisata tematik Floratama yang diperkenalkan BPOLBF untuk memberi warna wisata desa yang beragam. Terletak di Flotim, Lewokluok terkenal dengan rumah adat dan tenun kerangnya yang menjadi ciri khas produk ekraf unggulan desa tersebut.

iklan

Shana pun mengajak masyarakat untuk membantu menyebarkan informasi terkait promosi pariwisata Flores Timur dan Lewokluok di media sosial. Harapannya, semakin banyak lagi orang yang mengenal destinasi ini dan akan datang ke sana.

Untuk diketahui, tahun 2023 menjadi tahun kedua penyelenggaraan Festival Lewokluok. Ada pun tema yang diangkat yakni Iti A’hik Tawa Lewo, Soga Le’a Gere Tana, Pana Dai A’hik Le’a Lewotanah, Koke Bale Lewokluok.

Secara umum, tema ini memiliki arti syukuran dan persatuan. Masyarakat adat bersyukur kepada  Leran Wulan Tana Ekan (Tuhan Yang Maha Esa) dan leluhur Lewotanah atas hasil panen, melalui rangkaian ritual adat Koke Bale dan misa inkulturasi.

Selain itu, Festival Lewokluok mempererat persatuan dan persaudaraan sesama anak kampung untuk membangun Lewotanah tercinta.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA