Lanal Maumere Bersihkan Sampah di Kali Wairotang

Maumere, Ekorantt.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Maumere membersihkan sampah di Kali Wairotang, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Selasa, 5 September 2023.

Aksi program kali bersih ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Laut dan berjalan serentak di seluruh Indonesia.

Aksi bersih sampah itu dipimpin oleh Komandan Lanal (Danlanal) Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, dan diikuti seluruh jajaran Perwira dan anggota Lanal Maumere.

Mereka membersihkan sampah yang bertebaran di Kali Wairotang, mulai dari sampah rumah tangga, plastik, potongan kayu, besi, pakaian bekas, botol air minum dalam kemasan, hingga bambu.

Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, menuturkan, pembersihan sampah di Kali Wairotang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-78 TNI Angkatan Laut.

iklan

“Terima kasih kepada rekan-rekan semua yang bersedia hadir pada kegiatan bersih-bersih sampah pada hari ini,” ujarnya.

Ady menjelaskan, program kali bersih adalah program kerja pengendalian pencemaran air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

“Harapan kita semua bahwa warga masyarakat dapat sadar akan arti dari kebersihan khususnya tidak membuang sampah di sembarang tempat utamanya pada sungai,” ujarnya.

Ady menambahkan, dalam hal kebersihan sungai, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) tidak bisa bekerja sendiri. Tetapi perlu ada bantuan dari warga-warganya.

“Saya kembali mengajak bapak dan ibu untuk bergerak bersama TNI, Polri dan BUMN. Kita bersama-sama turun langsung bersihkan sampah di sungai, agar aliran sungai dapat lancar dan dapat terhindar dari bahaya banjir,” tandasnya.

TERKINI
BACA JUGA