101 Kuda Ikut Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati Nagekeo 2023

Mbay, Ekorantt.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Oskar Yoseph Amekae Sina, menyebutkan sebanyak 101 ekor kuda ikut lomba pacuan kuda Piala Bupati Nagekeo 2023 di Sirkuit Oga Ngole, Kelurahan Olakile, Kecamatan Boawae, Minggu 12 November 2023.

Ia mengatakan lomba yang diselenggarakan dari 12-19 November 2023 ini merupakan ajang yang ketiga kalinya. 

“Lomba terbagi dalam berbagai kelas dan klasifikasi,” kata Oskar.

Peserta yang ikut pada perlombaan itu, kata Oskar, berasal dari beberapa kabupaten di dataran Flores, diantaranya, Kabupaten Nagekeo, Ngada, dan Manggarai Raya. 

“Panitia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Olakile, Pordasi Kabupaten Nagekeo serta Dinas Pemuda dan Olahraga atas terselenggaranya kegiatan ini,” ungkap Oskar.

iklan

Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, mendorong agar event tersebut dapat terselenggara setiap tahun untuk membawa berkah dari segi ekonomi masyarakat secara luas.

“Hemat saya setiap tahun tidak boleh alpa. Oleh karena itu, saya harapkan ke depan Kepala Dinas Pora atur secara lebih tertib dan lebih meriah,” kata Marianus.

Meskipun ajang tersebut sudah terselenggara ketiga kalinya, tetapi Marianus menilai bahwa hal ini menjadi awal dalam upaya menggerakan ekonomi masyarakat secara nyata.

Oleh sebab itu, ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya turut ambil bagian dalam lomba pacuan kuda terlebih khusus kepada pemilik lahan yang telah merelakan lahannya untuk dijadikan sarana fasilitas umum seperti arena sirkuit ini.

Hal ini menunjukan bagaimana sebagai penggerak masyarakat yang memiliki rasa solidaritas kepada masyarakat yang lainnya.

“Seperti kita tahu bahwa ini dulu kebun jambu dikorbankan menjadi arena pacuan kuda. Bagaimana ekonomi kreatif semua bisa ikut ambil bagian andaikata tidak dibuka maka hanya sedikit orang yang bisa menikmati hasilnya,” ungkap dia.

“Mari kita berjuang bersama agar wilayah ini benar-benar hidup dan sungguh membuat ekonomi kita bisa hidup,” tambah Marianus menandaskan.

TERKINI
BACA JUGA