Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Diimbau Tetap Waspada

Larantuka, Ekorantt.com – Gunung Lewotobi Laki-laki meletus diikuti bunyi ledakan kecil pada Sabtu (23/12/2023).

Hal ini disampaikan Herman, Kepala Kantor Vulkanologi Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki yang berpusat di Sukutukang, Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

“Gunung meletus jam 07.13 Wita dengan satu ledakan kecil dan menyemburkan asap cukup tebal,” kata Herman kepada Ekora NTT.

Ia bilang, terkait dengan cuaca terkini tampak cerah dan untuk pergerakan semburan asap lebih condong menuju arah utara yakni Desa Hokeng Jaya, Klatanlo, dan Dulipali.

Sementara, lanjut Herman, ke arah barat menuju Desa Nawokote dan Boru, pergerakan asap gunung api dipengaruhi oleh angin dari arah selatan.

iklan

“Maka diimbau kepada seluruh masyarakat yang mendiami wilayah seputar Gunung Lewotobi tetap waspada akan kemungkinan yang terjadi seperti ledakan susulan,” imbaunya.

Sementara Marto Puka, warga Desa Nawokote, mengatakan, situasi di kampungnya yang terletak di bawah kaki Gunung Lewotobi, sejauh ini masih aman.

“Warga beraktivitas seperti biasa. Tapi pastinya kami ikuti informasi dari pihak Vulkanologi,” katanya.

Lebih jauh, Baltasar Baru Kwuta, warga lainnya menambahkan, letusan kecil dengan asap belum terdampak sepenuhnya di kampung Duang, Bawalatang, dan Kumaebang, Desa Nawokote, Kecamatan Wulanggitang.

“Kami di tiga kampung ini masih merasa aman, tetapi butuh waspada karena sebelumnya Gunung Lewotobi Perempuan juga berstatus waspada,” tutupnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA