BPBD Manggarai Identifikasi Rumah yang Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Ruteng, Ekorantt.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manggarai segera mengidentifikasi terlebih dahulu jumlah dan tingkat kerusakan rumah yang terdampak akibat puting beliung.

Sebelumnya, puluhan rumah di Kelurahan Bangka Leda, Golo Dukal, dan Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai rusak parah setelah diterpa angin puting beliung, Selasa, 9 Januari 2024.

“Kita akan turunkan tim teknis untuk bentuk bantuan apa yang kita berikan kepada masyarakat terdampak,” kata Kepala Pelaksana BPBD Manggarai, Stefanus Tawar kepada Ekora NTT.

Stefanus bilang, tim teknis akan turun ke tiga kelurahan, yakni Kelurahan Bangka Leda, Golo Dukal, dan Pau.

iklan

Jenis bantuannya berupa seng rumah. Namun, pihaknya terlebih dahulu melihat jenis dan tingkat kerusakannya.

“Kalau yang roboh nanti didorong ke Dinas Perumahan Rakyat. Kalau BPBD hanya bantuan darurat saja,” ungkapnya.

Camat Langke Rembong Yohanes Ndahur mengungkapkan, setidaknya ada tiga kelurahan yang terdampak dalam peristiwa itu, dengan rincian Kelurahan Pau sebanyak 12 unit rumah, Golo Dukal sebanyak 32 unit rumah, dan Kelurahan Bangka Leda sebanyak 13 rumah.

Kata Yohanes, jumlah tersebut merupakan catatan para lurah setempat dengan hasil identifikasi yang dilakukan pada Selasa, 9 Januari 2024.

“Esok akan dilakukan identifikasi final oleh BPBD dan dibantu oleh pihak kelurahan,” katanya.

Camat Yohanes meminta agar masyarakat Langke Rembong tetap waspada dan tetap mengantisipasi dampak dan potensi bencana tersebut.

“Memang besok akan dilakukan pertemuan dengan Kepala BMKG Frans Sales Lega untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampaknya,” tutupnya.

Baca di sini sebelumnya: Puluhan Rumah Warga di Ruteng Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA