(Hoaks) Rekaman Suara Prabowo Subianto Dukung Nomor 3 saat Kampanye Ganjar Pranowo di Bali

Ruteng, Ekorantt.com – Sebuah video berisi suara lantang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto kembali viral di media sosial.

Pemilik akun TikTok ‘Anak Desa‘ mengunggahnya dengan latar belakang video “lautan massa” sedang melambaikan tangan di lapangan terbuka.

“Kalau rakyat memilih calon nomor tiga, kalau itu keputusan rakyat, saya akan hormati dan saya akan dukung,” ujar pria yang mirip dengan suara Prabowo Subianto itu.

Sementara pada keterangan unggahannya, pemilik akun TikTok ‘Anak Desa’ menulis “Semangat memenangkan Ganjar Mahfud satu putaran”. [Klik di sini videonya]

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta di balik video tersebut lewat Google Image. Hasilnya, video dengan latar belakang serupa juga terdapat dalam unggahan pemilik akun Twitter LEON (@LokalPendaki).

iklan

“Sabtu 20 Januari2024 , lapangan Niti Mandala Renon, Bali. Saat kampanye Ganjar Pranowo,” tulis LEON dalam keterangan unggahannya.

Lambaian tangan massa yang hadir sama seperti dalam video yang diunggah pemilik akun TikTok ‘Anak Desa’. [Klik di sini videonya]

(Hoaks) Rekaman Suara Prabowo Subianto Dukung Nomor 3 saat Kampanye Ganjar Pranowo di Bali
Tangkapan layar video yang diunggah pemilik akun TikTok ‘Anak Desa’ dan video yang diunggah pemilik akun twitter LEON

Namun dalam unggahan LEON tampak massa yang memenuhi Lapangan Niti Mandala Renon, Bali sedang berjoget ria atas lagu dari penyanyi band, sambil melambaikan tangan. Dan, tampak tidak ada suara Prabowo Subianto yang menyebut akan mendukung calon nomor urut 3.

Sedangkan terkait suara Prabowo Subianto, Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran lebih lanjut untuk menemukan fakta yang sebenarnya.

Hasilnya, terdapat sebagian kata-kata yang kemudian diketahui pernyataan Prabowo Subianto dalam berita media Republika (republika.co.id), dengan judul “Prabowo: Saya Bersumpah Jika Rakyat Pilih Anies atau Ganjar Saya Dukung”.

“Saya bersumpah di hadapan saudara. Siapapun yang dipilih rakyat, saya akan hormati dan saya akan dukung. Kalau rakyat pilin calon nomor 1 (Anies-Muhaimin) atau 3 (Ganjar-Mahfud). Kalau itu keputusan rakyat, saya akan hormat dan saya akan dukung,” kata Prabowo saat konsolidasi bertajuk ‘Waktunya Indonesia Maju’ di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor pada Minggu, 10 Desember 2023 lalu.

Selanjutnya dalam YouTube ‘Kumparan’ di bawah judul video “[LIVE] Pidato Prabowo-Gibran di Konsolidasi Pemenangan Nasional”, juga menampilkan pernyataan Prabowo Subianto secara langsung. [Klik di sini videonya]

“Pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan hadir di acara konsolidasi pemenangan, Minggu (10/12). Acara yang mengusung tema “Waktunya Indonesia Maju” ini berlangsung di Sentul City International Convention Center (SICC) pukul 16.00 WIB,” demikian caption pemilik YouTube ‘Kumparan’ dalam unggahannya.

Cuplikan pidato Prabowo Subianto pun sama seperti yang diberitakan Republika. “Saya bersumpah di hadapan saudara. Siapapun yang dipilih rakyat, saya akan hormati dan saya akan dukung. Kalau rakyat pilin calon nomor 1 atau 3. Kalau itu keputusan rakyat, saya akan hormat dan saya akan dukung,” ujar Prabowo Subianto.

Berdasarkan penelusuran fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa unggahan pemilik akun TikTok ‘Anak Desa’ adalah hoaks, sebab konteks dan waktunya jauh berbeda.

Massa dalam video unggahannya saat kampanye Ganjar Pranowo capres nomor urut 3 di Lapangan Niti Mandala Renon, Provinsi Bali pada Sabtu, 20 Januari 2024.

Sedangkan suara Prabowo Subianto tersebut saat konsolidasi bertajuk ‘Waktunya Indonesia Maju’ di Sentul International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor pada Minggu, 10 Desember 2023 lalu.

Ditambah lagi suara Prabowo Subianto itu tidak utuh dan hanya mengambil pernyataan dukungan untuk calon nomor urut 3 saja. Patut diduga suara Prabowo Subianto ini sengaja dipotong atau diedit untuk kepentingan tertentu.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA