KAP Rudiana Fibriani Lakukan Audit Laporan Keuangan Kopdit Obor Mas

Maumere, Ekorantt.com Kantor Akuntan Publik (KAP) Rudiana Fibriani, yang beralamat di Surabaya, Jawa Timur, akan melakukan general audit (pemeriksaan umum)  laporan keuangan KSP Kopdit Obor Mas per 31 Desember 2023 selama dua pekan ke depan.

Adapun tim audit terdiri dari Rudiana Fibriani selaku Partner in Charge, Lilis Ardini selaku supervisor, Nuril Muizzah sebagai ketua tim. Didampingi Widia Wahyu Ningrum, Faizatul Ummah, dan  Bernicha Irnadianis Ifada sebagai anggota tim. Ditambah pula Dody Lidi dari Puskopdit Swadaya Utama Maumere.

Pemeriksaan oleh auditor eksternal menjadi kewajiban rutin Kopdit Obor Mas setelah tutup buku. Proses audit tersebut mulai dilakukan sejak tahun 1998 hingga saat ini dan selalu mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Rudiana Fibriani mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan pada beberapa aspek mencakup pengecekan kas opname di kantor-kantor cabang, mengecek dan mengonfirmasi kas bank, dan mengecek fisik aset.

iklan

“Kemudian mengonfirmasi piutang ke anggota, memeriksa perjanjian kredit, dan melakukan kunjungan ke kantor cabang,” kata Rudiana dalam acara pembukaan kegiatan audit di Kantor Pusat Kopdit Obor Mas, Senin, 5 Februari 2024.

Ia menyampaikan terima kasih kepada KSP Kopdit Obor Mas karena sudah mempercayakan timnya untuk melakukan kegiatan audit.

“Saya pastikan kehadiran kami bukan sebagai polisi tetapi sebagai dokter yang akan memeriksa dan mendiagnosis serta memberikan resep untuk kesehatan lembaga ini,” tandasnya.

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering mengungkapkan bahwa audit semacam ini sudah berjalan sejak tahun 1998.

“Audit merupakan hal penting yang tidak bisa disepelekan karena dengan hasil audit, maka koperasi ini bisa menjadi koperasi yang terpercaya,” kata Frediyanto.

Terbukti, kata Frediyanto, pemerintah memberikan kepercayaan kepada Kopdit Obor Mas untuk menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Salah satu persyaratannya adalah rutin diaudit oleh auditor eksternal.

“Sudah menjadi sebuah budaya yang positif bahwa sebelum laporan keuangan KSP Kopdit Obor Mas dipertanggungjawabkan kepada RAT terlebih dahulu diaudit sehingga menjadi laporan yang kredibel dan akuntabel,” pungkasnya.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA