(Hoaks) Kampanye Prabowo-Gibran di Bandung Disebut Sepi

Ruteng, Ekorantt.com– Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melakukan kampanye di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung pada Kamis, 8 Februari 2024.

Belakangan foto kampanye pasangan calon dengan akronim Prabowo-Gibran itu yang disebut sepi viral di media sosial.

Pemilik akun TikTok @possible296 [KamiL2779] menampilkan foto kampanye Prabowo-Gibran di Stadion GBLK lewat unggahannya.

Dengan backsound dj remix lagu ‘Tabrak-tabrak Masuk’ berjudul Oke Gas 2, foto tersebut memang menunjukkan ada sebagian orang saja berada di dalam sebuah stadion.

iklan

Di bagian atas foto itu, pemilik akun TikTok @possible296 menulis “O2 SEPI PENONTON KAMPANYE DI GBLA”.

Sementara dalam caption unggahannya ia menulis “Prabowo Gibran Kampanye sepi di GBLA BANDUNG”.

Terpantau hingga Jumat, 9 Februari 2024 malam, unggahan pemilik akun TikTok @possible296 sudah viral dan mendapatkan 53.3 K suka, 15.8 K komentar, dan 3178 favorit. [Klik di sini unggahannya]

Tangkapan layar unggahan pemilik akun TikTok @possible296

Ekora NTT kemudian melakukan cek fakta atas foto tersebut. Di situs Ayobandung.com juga menampilkan beragam foto kampanye Prabowo-Gibran di GBLA.

Berdasarkan penelusuran di bawah judul artikel “[FOTO] Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di Bandung” justru ditemukan hal berbeda dengan unggahan pemilik akun TikTok @possible296 yang sudah viral tersebut.

Dalam foto yang diposting situs Ayobandung.com tampak massa sangat banyak. Situs Ayobandung.com melaporkan bahwa suasana kampanye Prabowo-Gibran di Stadion GBLA, Kota Bandung pada Kamis, 8 Februari 2024 berlangsung meriah.

Kampanye akbar yang bertajuk “Koalisi Indonesia Maju dan Relawan Jabar Temu Kader Pagelaran Anak Negeri Prabowo-Gibran” ini dihadiri oleh ratusan ribu pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres dan cawapres dalam kontestasi pilpres 2024.

Massa yang hadir saat kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung pada Kamis, 8 Februari 2024 (Foto: Ayobandung.com)

Kompas.id juga menulis berita berjudul “Kampanye di Bandung, Prabowo Yakinkan Pendukungnya Tidak Salah Pilih“. Dalam beritanya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengklaim ada 100.000 sukarelawan dan pendukung yang hadir sejak pukul 11.00. Semangat pendukung di Stadion GBLA, lanjutnya, menjadi bukti dukungan warga Jabar yang begitu besar kepada Prabowo-Gibran.

Berdasarkan penelusuran tersebut dapat disimpulkan bahwa pemilik akun TikTok @possible296 adalah hoaks.

Sebab, Ayobandung.com dan Kompas.id justru menampilkan lebih banyak massa ketimbang yang diunggah @possible296 di akun TikTok-nya. Patut diduga unggahannya sengaja dibuat framing untuk kepentingan tertentu.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA