(Hoaks) Hasil Exit Poll Pilpres 2024 Luar Negeri yang Rata-rata Menangkan Ganjar-Mahfud

Ruteng, Ekorantt.com – Pesan berantai yang memperlihatkan hasil exit poll atau survei yang dilakukan terhadap pemilih pemilu 2024 di luar negeri beredar luas di berbagai grup WhatsApp di Nusa Tenggara Timur.

Sebagaimana dilihat Ekora NTT di salah satu grup WhatApp, pesan tersebut menunjukkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar- Mahfud) menang telak di tujuh negara.

Pesan berantai itu dilaporkan bersumber dari laman pemilumelbourne.com yang kemudian dipublikasikan di website Okezone.com dengan judul “Beredar Hasil Exit Poll Pilpres 2024 Luar Negeri Ganjar Mahfud Unggul Sementara”.

Dalam pesan itu antara lain menunjukkan; Australia pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mendapatkan 32,9 persen, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) meraih 10,4 persen, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) meraih 56,7 persen.

iklan

Hongkong, paket Amin meraih 14.2 persen, Prabowo- Gibran meraih 31.6 persen, dan Ganjar-Mahfud meraih 54.2 persen.

Arab Saudi & Timur Tengah, paket Amin meraih 43.4 persen, Prabowo-Gibran meraih 28.9 persen, dan Ganjar-Mahfud meraih 27.7 persen.

Eropa selain UK, paket Amin meraih 34.1 persen, Prabowo-Gibran meraih 9.4 persen, dan Ganjar-Mahfud meraih 56.5 persen.

Tangkapan layar hasil exit poll pemilu 2024 di luar negeri beredar luas di berbagai grup WhatsApp

Amerika Selatan, paket Amin meraih 4.7 persen, Prabowo-Gibran meraih 22.7 persen, dan Ganjar Mahfud meraih 72.6 persen.

Amerika Serikat, paket Amin meraih 38.2 persen, Prabowo-Gibran meraih 21.4 persen dan Ganjar-Mahfud meraih 40.4 persen.

Timor Leste, paket Amin meraih 9.8 persen, Prabowo-Gibran meraih 26.3 persen, dan Ganjar- Mahfud meraih 63.9 persen.

Ekora NTT kemudian melakukan penelusuran fakta. Terpantau pada Senin, 12 Februari 2024 malam, link website berita Okezone yang memuat exit poll tersebut sudah tidak bisa dibuka. >>>[Klik di sini linknya]>>>.

Kemudian, pada laman pemilumelbourne.com rubrik Exit Poll juga tidak ada data tersebut. Di bagian atas rubrik itu hanya menulis keterangan “Perkiraan Hasil Pemilu di Melbourne 10 Feb 2024. Hasil Exit Poll Melbourne akan dipublikasikan tanggal 14 Februari 2024 setelah penghitungan suara di Melbourne”.

Tangkapan layar laman pemilumelbourne.com rubrik Exit Poll (kiri) dan link di Okezone yang sudah tak ada isinya (kanan)

Tidak berhenti di situ saja penelusuran fakta terkait pesan berantai yang menunjukkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar- Mahfud) menang telak di tujuh negara.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja sebagaimana dikutip dari akun YouTube Kompas TV telah merespons terkait exit poll tersebut.

Rahmat menjelaskan, penghitungan suara pemilu luar negeri akan dilakukan bersamaan penghitungan suara pemilu dalam negeri.

“Teman-teman penghitungan suara di luar negeri tidak dimulai setelah pemungutan suara. Penghitungan suara itu ada setelah nanti bersamaan dengan penghitungan suara dalam negeri, tanggal 14 Februari (2024),” jelas dia merespons hasil exit poll yang beredar tersebut.

“Nggak ada mas, itu aneh itu. Exit poll itu berdasarkan perhitungan atau berdasarkan prediksi? Kalau berdasarkan prediksi silakan saja tanya kepada masyarakat yang memilih,” imbuh Rahmat. >>>[Klik di sini link YouTube-nya]>>>.

Dapat disimpulkan bahwa pesan yang menunjukkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) menang telak di tujuh negara adalah hoaks.

Sebab, dalam laman pemilumelbourne.com tidak ada data terkait exit poll itu. Kemudian, link Okezone dikirim juga tak ada isi data exit poll. Ditambah lagi Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja sudah menampik adanya hasil perhitungan suara luar negeri.


*Konten cek fakta ini merupakan bagian dari kerja sama Ekora NTT dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA