Pelatihan Kerja Lapangan Momentum Penyamaan Cara Kerja Karyawan Pintu Air

Sorowutun berpesan kepada komite dan manajemen supaya memperkuat diri dengan kemampuan yang mumpuni.

Maumere, Ekorantt.com Manajemen Kopdit Pintu Air mengadakan kegiatan on the job training (OJT) atau pelatihan kerja lapangan, Senin, 4 Maret 2024.

General Manajer (GM) Kopdit Pintu Air Gabriel Pito Sorowutun menjelaskan, OJT ini sangatlah penting untuk penyamaan terhadap implementasi program kerja sesuai rencana kerja dan target bersama seturut amanat visi dan dan misi Kopdit Pintu Air.

“Ya rata-rata mereka bukan orang baru sama sekali, mereka ini telah  memiliki pengalaman bekerja selama satu atau dua tahun karena itu kegiatan JOT ini sifatnya hanya me-review apa yang telah mereka kerjakan,” ujar Sorowutun.

Sorowutun berpesan kepada komite dan manajemen supaya memperkuat diri dengan kemampuan yang mumpuni.

Hal ini penting agar ketika menemukan anggota yang menghadapai situasi sulit, dia dapat memberikan solusi.

iklan

Sebab dengan memberikan solusi sebagai jalan keluar yang baik tentu akan menciptakan kepercayaan terhadap lembaga.

Budaya Lima S

Diketahui, Kopdit Pintu Air yang kini menjadi koperasi primer nasional adalah satu-satunya koperasi dengan budaya kerja yang berpatokan pada lima semangat dasar yang disebut dengan budaya 5 S.

Budaya 5 S ini sesungguhnya jadi tuntunan bagi segenap pengurus dan manajemen untuk sungguh-sungguh menghidupi budaya kerja yang efektif dan bertanggung jawab.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano menyebutkan 5 S itu adalah senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.

“Anggota yang datang dengan apapun keadaannya harus diterima dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun,” tuturnya.

Selanjutnya, masih menurut Jano, jika para pengurus dan manajemen wajib menghidupi budaya 5 S maka kepada segenap anggota Kopdit Pintu Air pun wajib mengamalkan 3 R (rajin menabung, rajin meminjam, dan rajin mengangsur).

“Untuk anggota bila bersama PIntu Air kita punya 3 R yaitu rajin menabung, rajin mengangsur dan rajin meminjam,” ujarnya.

Jano juga menegaskan, sebagai koperasinya seluruh lapisan masyarakat, Kopdit Pintu Air terus hadir dengan visi semua anggota harus menjadi orang yang sejahtera dan keluar dari kungkungan kemiskinan. Dan misi Kopdit Pintu Air, seluruh masyarakat harus menjadi anggota.

Ia pun menegaskan kepada para pengurus dan manajemen wajib membangun relasi yang baik dengan pemerintah setempat di mana kantor KSP Kopdit Pintu Air berada.

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
TERKINI
BACA JUGA