Pintu Air Cabang Ruteng Terget 6.000 Anggota Akhir Tahun 2024

Ruteng, Ekorantt.com Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, menargetkan akan mendapatkan 6.000 anggota hingga akhir 2024 ini.

Hingga kini jumlah anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang resmi berdiri pada 23 Oktober 2015 lalu itu mencapai 5.408 orang.

Rinciannya laki-laki sebanyak 2.677 orang dan perempuan berjumlah 2.731 orang.

“Hal yang dilakukan selama ini juga mengaktif kembali anggota yang pasif dengan memberikan pinjaman,” jelas Wakil Ketua Komite KSP Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng Alex Mersius Hendriques kepada Ekora NTT di ruang kerjanya pada Rabu, 27 Maret 2024.

iklan

Ia pun mengajak tim kerja untuk lebih semangat dalam bekerja sama demi tercapainya target pertumbuhan anggota.

Mersius bilang, pihaknya terus melakukan sosialisasi di setiap kecamatan di Kabupaten Manggarai untuk meningkatkan pertumbuhan anggota.

Sementara itu, Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng Saturninus Wuka mengungkapkan, pinjaman yang beredar di anggota selama tahun buku 2023 sebesar Rp26.122.737.000. Dana tersebut dipinjam oleh 2.291 anggota dan paling banyak dipakai untuk dana pendidikan anak-anak anggota.

Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Ruteng Saturninus Wuka menjelaskan, selain pendidikan, pinjaman dipakai juga untuk pengembangan usaha produktif, dan konsumtif atau kesejahteraan.

“Pinjaman pendidikan paling banyak, karena banyak anggota yang sedang membiayai pendidikan anaknya,” kata Saturninus.

Sementara pinjaman usaha bertujuan untuk mendorong anggota agar tetap berkembang dalam usaha-usaha produktif. Memberikan pendidikan kewirausahaan kepada anggota setiap tahun menjadi tugas pengurus dan manajemen.

Sedangkan pelayanan pinjaman konsumtif, ujar dia, terutama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga anggota, seperti bangun rumah, pemasangan listrik dan lain sebagainya.

Saturninus berharap para anggota selalu menyimpan dan mengangsur tepat waktu. Lalu menjadikan pinjaman tersebut sebagai awal untuk melakukan pinjaman berikutnya.

“Bagi yang peminjaman semoga bisa sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing,” tukasnya.

TERKINI
BACA JUGA