Tim SAR Temukan Nenek yang Hilang Sembilan Hari di Hutan Lirikelang, Sikka

"Kondisi korban saat ditemukan dalam keadaan lemas. Pengakuan korban seperti berada di dunia lain,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan, Kamis, 11 April 2024.

Maumere, Ekorantt.com – Tim SAR Gabungan berhasil menemukan Falentika Floregina, seorang nenek berusia 60 tahun yang hilang di hutan Lirikelang, Desa Wuluwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Nenek ini hilang selama sembilan hari sejak tanggal 3 hingga 11 April 2024.

“Kondisi korban saat ditemukan dalam keadaan lemas. Pengakuan korban seperti berada di dunia lain,” kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan dalam keterangan, Kamis, 11 April 2024.

Ia mengatakan korban ditemukan dalam operasi pencarian hari keenam. Falentika ditemukan sekitar 4 kilometer dari titik pencarian.

Ridwan menjelaskan proses pencarian menyisir di area sungai dan perbukitan dilengkapi dengan peralatan mountenering atau serangkaian alat pegunungan.

iklan

“Penemuan oleh tim warga Desa Wuluwutik. Syukur kepada Tuhan Yang Maha Penyayang, nenek Falentika ditemukan dalam keadaan selamat dan dapat berkumpul kembali dengan keluarganya,” kata Ridwan.

Ia kembali menjelaskan bahwa Basarnas Maumere menerima laporan keluarga pada tanggal 6 April 2024. Nenek Falentika, disebut belum kembali ke rumah setelah berkebun pada 3 April.

Menurut keluarga, Ridwan melanjutkan, wilayah itu dilanda hujan lebat sehingga membuat korban kehilangan arah jalan pulang dan terjebak di hutan.

Selanjutnya, Basarnas Maumere menerjunkan sejumlah petugas untuk melakukan aksi operasi SAR di hutan Lirikelang.

TERKINI
BACA JUGA