Penggunaan Teknologi Pertanian Dukung Upaya Ketahanan Pangan di Daerah

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu juga meminta Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao agar melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait usulan yang disampaikan masyarakat.

Kupang, Ekorantt.com – Penggunaan teknologi dalam sektor pertanian memberikan dampak positif bagi upaya mendukung ketahanan pangan di daerah.

“Sehingga perlu dilakukan dengan serius terlebih terkait penguatan dalam bidang teknologi pertanian dan infrastruktur khususnya pembangunan irigasi induk,” kata Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake saat mengikuti acara panen raya padi di lahan milik petani Dusun Sua, Desa Edalode, Kecamatan Pantai, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu, 13 April 2024.

Ia meminta Pemerintah Kabupaten Rote Ndao untuk merehab irigasi untuk kepentingan pengairan lahan pertanian masyarakat.

“Juga dapat dilakukan dengan penambahan sumur bor sembari meminta agar lokasinya dipersiapkan dengan baik,” tambah Ayodhia.

iklan

Ia kemudian meminta Dinas PUPR Rote Ndao untuk membangun koordinasi dan komunikasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait rehabilitasi irigasi ini.

“Semua usulan kami tampung dan untuk Kadis PUPR Rote Ndao dapat terus berkoordinasi dengan Kadis PUPR Kabupaten Pemprov NTT dan tentunya tetap menyesuaikan dengan APBD I dan APBD II,” jelas Ayodhia.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu juga meminta Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao agar melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait usulan yang disampaikan masyarakat.

Ia pun mengimbau masyarakat agar menyampaikan usulan secara tertulis kepada Pemkab Rote Ndao agar dapat ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.

Sebelumnya, Ketua Gapoktan Desa Edalode Djoel Manubulu mengusulkan pembangunan sumur bor dan penambahan stok pupuk agar petani tidak mengalami kesulitan dalam bertani.

Ia juga mengusulkan agar ada penambahan embung serta penambahan ruas jalan tani.

Usai panen raya dan tatap muka, dilakukan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi 16 orang secara simbolis oleh Ayodhia, Penjabat Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan Forkompinda Rote Ndao.

TERKINI
BACA JUGA